Mulai 1 Januari 2016, transportasi di kota Melbourne akan mengikuti jejak kota besar lain seperti Berlin atau New York, dengan menyediakan transportasi selama 24 jam di akhir pekan.

Pemerintah negara bagian Victoria, yang sekarang dikuasai partai Buruh mengatakan uji coba ini akan berlangsung selama setahun, dan bila uji tersebut dianggap sukses maka program ini akan dilanjutkan.

BACA JUGA: Australia Kucurkan Dana Rp 1 T Untuk Bisnis Berbasis Riset

Saat ini, transportasi di Melbourne berupa kereta, tram dan bis beroperasi sampai sekitar tengah malam, dan di akhir pekan, berakhir sekitar pukul 1 dinihari.

Dengan tersedianya transportasi selama 24 jam di akhir pekan, diharapkan ribuan pekerja yang sebelumnya harus mengandalkan taksi untuk pulang, bisa menggunakan transportasi umum.

BACA JUGA: Anjing Di Melbourne Ini Selamat Dari Kebakaran Dan Dapat Bantuan Oksigen


Stasiun utama di kota Melbourne Flinders St

Pemerintah Victoria dibawah Menteri Utama Daniel Andrews yang baru berkuasa selama setahun, sebelumnya memang sudah menjanjikan akan memberikan layanan transportasi 24 jam bila mereka terpilih.

BACA JUGA: Nenek Tewas Ikut Lomba Gokart

Dalam perpanjangan layanan transportasi tersebut, di akhir pekan tersebut, satu-satunya stasiun yang buka adalah stasiun utama Flinders Street, dan  stasiun lain di pusat kota tidak akan beroperasi.

Dari Flinders St, setiap kereta akan berjalan per satu jam sekali ke berbagai jalur yang sudah ada. Untuk kebanyakan stasiun yang berada tidak jauh dari kota,  mereka akan dilewati oleh lebih dari satu kereta ada ada lebih dari satu jalur yang melewati stasiun tersebut.

Sementara itu untuk tram, ada enam jalur yang beroperasi setiap 30 menit sekali, yaitu 19, 67, 75, 86, 96 dan 109.

Bus yang selama ini melayani rute terbatas sepanjang malam juga akan mendapat perbaikan jalur dengan sekitar 20 jalur dari pusat kota.

Secara keseluruhan pemerintah Victoria mengatakan uji  coba ini akan memakan biaya sekitar  $ 80 juta (sekitar Rp 800 miliar), dengan sebagian biaya juga akan digunakan untuk menempatkan petugas keamanan di beberapa stasiun utama.

Para petugas keamanan ini sekarang sudah ditempatkan di hampir seluruh stasiun, dan karena adanya perpanjangan layanan di akhir pekan, tugas mereka juga diperpanjang.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Misteri Pergerakan Kura-Kura Tempayan Kini Bisa Terungkap Berkat Aplikasi Ini

Berita Terkait