Mulai Oktober, Urus e-KTP Cuma 1 Hari Lho

Minggu, 04 September 2016 – 02:42 WIB
Ilustrasi. Foto: Indopos

jpnn.com - BANJARMASIN – Warga Banjarmasin tak akan mengalami kesulitan saat mengurus KTP elektronik mulai Oktober mendatang. Cukup mengurus sehari, warga sudah bisa memiliki e-KTP.

Sebab, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin akan melakukan uji coba program e-KTP One Day Service. Rencananya, uji coba tersebut dimulai awal Oktober mendatang. Program tersebut diyakini mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan.

BACA JUGA: Ekonomi Sulit, Perjalanan Dinas PNS Dipangkas

"Yang terpenting internet dan blanko siap. Karena data yang kami input harus langsung dikirim ke pusat sebelum KTP dicetak hari tersebut," kata Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin Khairul Saleh, Jumat (2/9).

Selain meningkatkan kualitas jaringan internet, penambahan SDM juga sedang disiapkan. Tujuannya agar pelayanan maksimal saat uji coba tersebut bisa dirasakan masyarakat.

BACA JUGA: Banyak PNS Bakal Kehilangan Jabatan

"Rencananya uji coba ini berjalan hingga akhir tahun. Jika semuanya lancar, bisa langsung diterapkan tahun depan," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan penyelesaian akta kelahiran dan kematian? Khairul menyebut masih banyak yang belum selesai. Alasannya karena kurangnya petugas dan berkas yang diserahkan masyarakat masih belum lengkap.

BACA JUGA: Tak Pakai Seragam Baru, Siswa Ditampar Guru

"Harusnya sampai bulan ini bisa terpenuhi 45 persen, tapi ini baru sepuluh persen. Bentuk inovasi pelayanan cepat akan terus kami lakukan demi kemudahan masyarakat," tambahnya. (rzy/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KorpriMart Gubernur Alex Noerdin Banjir Pujian


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler