Mulai Sonder Asia Tour 2024, Afgan Tampil Memukau di Korea

Kamis, 04 Juli 2024 – 08:38 WIB
Penyanyi Afgan memulai rangkaian Sonder Asia Tour 2024 di ASSA Performing Art Hall, Gangseo-gu, Seoul, Korea Selatan pada 29 Juni 2024. Foto: Dok. Trinity Optima Production

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Afgan akhirnya memulai rangkaian tur yang bertajuk Sonder Asia Tour 2024.

Dia mengawali konser di ASSA Performing Art Hall, Magog Jungang 8-ro 3-gil, Gangseo-gu, Seoul, Korea Selatan pada 29 Juni 2024.

BACA JUGA: Rilis EP Sonder, Afgan Kolaborasi Bareng Jessi dalam Escape

Pertunjukan spesial dari pria berusia 35 tahun tersebut dihadiri lebih dari 300 penonton.

Seakan memiliki daya magnet, penampilan Afgan yang memberikan beberapa kejutan menambah spektakuler suasana panggung.

BACA JUGA: Konser 40 Tahun Berkarier, Ruth Sahanaya Siapkan Kolaborasi Bareng Once Hingga Afgan

Salah satu yang menarik dari acara tersebut yakni penampilan menonjol dari Dita Karang, dari grup K-Pop populer Secret Number.

Pada penampilan, Afgan dan Dita membawakan duet dari single hit
terbaru berjudul Escape.

BACA JUGA: Afgan Bintang Tamu Konser David Foster di Indonesia Juni 2024

Kolaborasi tersebut sukses memukau penonton yang memadati area konser.

Kemeriahan tidak terhenti sampai di situ, beberapa tokoh industri hiburan hadir melengkapi acara malam itu.

Di antara tamu penting tersebut yakni Minji, anggota Secret Number lainnya, Zayyan dari boy grup Xodiac, dan Hansol, yang terkenal dengan saluran YouTube populer Korea Reomit, bersama dengan influencer dan selebritis lainnya.

Dengan setlist 12 lagu, Afgan menampilkan lagu-lagu dari EP terbaru, Sonder, ditambah hita dari album Wallflower.

Selain membawakan lagu-lagu Indonesia yangterkenal, Afgan mengejutkan penonton dengan cover spesial lagu ballad Korea Eyes, Nose, Lips.

Dia sengaja menyanyikan lagu tersebut untuk menunjukkan penghormatan kepada para fan di Korea.

"Saya sangat bangga berada di sini, sangat antusias. Ini adalah tempat yang indah untuk bertemu penggemar dari Indonesia dan pendengar baru di Korea. Mereka mendengar lagu saya yang berbahasa Indonesia, ini sangat menyentuh hati," kata Afgan dalam wawancaranya kepada Arirang, salah satu stasiun televisi internasional berbahasa Inggris yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, Senin, 1 Juli 2024.

Afgan akan melanjutkan Sonder Asia Tour 2024 ke beberapa kota selanjutnya.

Adapun Sonder Asia Tour 2024 diadakan dalam rangka merayakan peluncuran album terbarunya yang bertajuk Sonder.

Penyanyi berdarah Minangkabau itu bulan lalu meluncurkan Sonder, album bahasa Inggris yang ke-2 setelah Wallflower (2021).

Afgan mengatakan bahwa Sonder merupakan karyanya yang paling personal.

Judul tersebut berarti sebuah perasaan atau kesadaran akan semua orang yang ditemui dalam hidup ini, kenal maupun tidak, bahkan hanya sebatas melewati saat sedang berjalan, punya kisahnya masing-masing.

"Kata Sonder aku temukan melalui Pinterest, sangat bergema di benakku. Setiap orang punya perspektif serta cerita hidup masing-masing, mulai dari yang simpel hingga yang komplek. Masing-masing sedang mengalami sesuatu dalam hidup, dan kita harus punya rasa kasih sayang terhadap orang lain. Itu yang membuatku memilih ‘Sonder’ sebagai judul album,” kata Afgan.

Demi Sonder, Afgan terbang ke Inggris dan bekerja sama dengan beberapa songwriter dan produser ternama, salah satunya adalah Maestro, produser single What Now milik Rihanna.

Dia menetap selama dua minggu, hingga lahirlah lima lagu untuk Sonder. Mulai dari emotional ballad Shallow Water, Lonely Night, Criminal (with thuy), Missing the Old Days, hingga Escape bersama Jessi.

Escape menjadi focus track dari mini album atau EP tersebut. Dalam lagu Escape, Afgan berduet dengan rapper asal Korea Selatan, yaitu Jessi. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler