Rilis EP Sonder, Afgan Kolaborasi Bareng Jessi dalam Escape

Sabtu, 22 Juni 2024 – 05:59 WIB
Afgan dan Jessi. Foto: Dok. Empire

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Afgan meluncurkan Sonder, album bahasa Inggris yang ke-2 setelah Wallflower (2021) melalui Empire.

Escape menjadi focus track dari mini album atau EP tersebut.

BACA JUGA: Konser 40 Tahun Berkarier, Ruth Sahanaya Siapkan Kolaborasi Bareng Once Hingga Afgan

Dalam lagu Escape, Afgan berduet dengan rapper asal Korea Selatan, yaitu Jessi.

Afgan mengatakan bahwa Sonder adalah karyanya yang paling personal.

BACA JUGA: Afgan Bintang Tamu Konser David Foster di Indonesia Juni 2024

Judul tersebut berarti sebuah perasaan atau kesadaran akan semua orang yang ditemui dalam hidup ini, kenal maupun tidak, bahkan hanya sebatas melewati saat sedang berjalan, punya kisahnya masing-masing.

"Kata Sonder aku temukan melalui Pinterest, sangat bergema di benakku. Setiap orang punya perspektif serta cerita hidup masing-masing, mulai dari yang simpel hingga yang kompleks. Masing-masing dari mereka sedang mengalami sesuatu dalam hidup mereka, dan kita harus punya rasa kasih sayang terhadap orang lain. Itu yang membuatku memilih ‘Sonder’ sebagai judul album,” kata Afgan, Jumat (21/6).

BACA JUGA: Afgan dan Lyodra Menyatu dalam Lagu Ada

Demi Sonder, Afgan terbang ke Inggris dan bekerja sama dengan beberapa songwriter dan produser ternama, salah satunya adalah Maestro, produser single What Now milik Rihanna.

Dia menetap selama dua minggu, hingga lahirlah lima lagu untuk Sonder. Mulai dari emotional ballad Shallow Water, Lonely Night, Criminal (with thuy), Missing the Old Days, hingga Escape bersama Jessi.

"Aku telah berjalan sejauh ini, banyak berkembang, dan mengalami banyak hal. Aku menjadi makin berani untuk mengeksplorasi musikku dan lebih terbuka terkait diriku agar, orang-orang dapat mengenalku lebih dalam," jelas Afgan.

Melalui Sonder, Afgan makin berani membuka diri lewat lirik lagu-lagunya.

Dia ingin mengubah citranya sebagai ‘nation’s darling’ demi mempererat hubungan dengan para penggemar, dan ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

"Aku ingin berkembang dan itu adalah arah yang ingin aku tuju dalam karyaku. Aku ingin lebih jujur dalam bermusik dan Sonder mewakili perasaanku terkait itu," beber pria berdarah Minangkabau itu.

Escape sendiri dipilih menjadi focus track karena merepresentasikan kehidupan Afgan.

Dia merasa butuh lari sejenak dari rutinitas setelah bertahun-tahun menjadi sorotan publik.

Lagu dengan beat yang catchy serta lirik yang sing-along ini cocok untuk dijadikan road trip anthem dan refreshing getaway bersama orang-orang terdekat.

“Sebagai seorang public figure di industri hiburan selama bertahun-tahun, sesekali aku ‘escape’ dengan travelling atau hanya berjalan-jalan ke suatu tempat hanya untuk menjaga kestabilan emosiku. Aku pikir, semua orang bisa memahami hal ini. Kita membutuhkan semacam pelarian dengan pendamping yang tepat untuk memulihkan energ," jelas Afgan.

Setelah menyelesaikan Escape di London, Afgan merasa ada sesuatu yang kurang.

Dia ingin ada sosok lain yang menyanyi hingga nama Jessi pun terlintas di pikiran.

Dengan karakter suara dan kepribadian Jessi yang unik, Afgan merasa rapper itu adalah teman duet yang tepat untuk lagunya barunya itu.

"Aku expect Jessi untuk nge-rap seperti biasanya, ternyata ingin menyanyi. Ini surprise sekali, buatku dan tentunya untuk fans Jessi. Hasilnya, bagus sekali. She elevates the song," tambahnya

Proses shooting video klip Escape dilakukan di Bali dan menampilkan sejumlah aktivitas yang berkaitan dengan tema ‘melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari’.

"Seru sekali bekerja sama dengan Jessi. Aku sangat menikmati momen-momen keseruan kami shooting video klip Escape di sebuah villa di Bali. Aku bersyukur Jessi dan timnya berkenan untuk terbang jauh ke Bali hanya untuk shooting," tutup Afgan. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler