Muller Kandidat Pemain Muda Terbaik

Sabtu, 10 Juli 2010 – 15:13 WIB
MUDA - Thomas Muller (tengah) saat merayakan gol bersama rekan-rekannya dalam laga lawan Inggris, 27 Juni lalu. Foto: Paul Gilham/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Piala Dunia 2010 memunculkan pemain-pemain muda bertalenta tinggiMeski masih "hijau", para pemain itu memiliki kontribusi besar terhadap penampilan timnya.

Seletah menyelesaikan babak semifinal, Komisi Studi Teknis (TSG) FIFA kemarin mengumumkan tiga nama kandidat pemain muda terbaik Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Pindah Posisi, Schweini Didukung Makaay

Mereka adalah Thomas Muller (Jerman), Giovani dos Santos (Meksiko), serta Andre Ayew (Ghana)
Mereka yang berhak masuk dalam kandidat pemain muda terbaik harus lahir pada 1 Januari 1989 dan sesusahnya.

Pemenang gelar pemain muda terbaik akan diumumkan setelah partai final antara Belanda versus Spanyol digelar

BACA JUGA: Gaji Loew Jauh di Bawah Capello

Pemenang akan menerima trofi Hyundai "Best Young Player Award" dan menerima sebuah mobil Hyundai Tucson ix 35.

Dari ketiga nama itu, sepertinya Thomas Muller adalah kandidat terkuat
Selain performanya yang menawan, pemain kelahiran 13 September 1989 itu juga mencetak empat gol untuk Jerman

BACA JUGA: Ogah Saksikan Laga Final

Muller bahkan masih punya peluang untuk menjadi top scorer Piala Dunia 2010Satu-satunya "cela" pemain Bayern Munchen itu adalah dia mengantongi dua kartu kuning yang membuatnya harus absen saat Jerman kalah 0-1 dari Spanyol di partai semifinal.

Sosok Muller memang sensasionalBagaimana tidak, pemain bertinggi 186 centimeter itu baru menjalani debutnya bersama timnas Jerman senior pada Maret laluSaat itu, dia dimainkan kala Jerman berujicoba melawan Argentina di Allianz ArenaBahkan saat muncul di sesi jumpa pers, pelatih Argentina Diego Maradona mengira Muller ada seorang ball boy (pemungut bola) yang nyasar di ruang press conferenceSementara 15 bulan lalu, Muller masih bermain di Divisi III Bundesliga bersama tim cadangan Bayern Munchen.

Dua pesaing Muller, Giovani dos Santos dan Andre Ayew, sepertinya sulit bersaing, karena selain tidak bisa mencetak gol sebanyak Muller, kedua pemain itu juga tidak bisa membawa timnya melaju lebih jauh dari JermanGhana tersingkir di babak delapan besar, bahkan Meksiko hanya bisa melaju hingga babak 16 besar.

Jika Thomas Muller yang terpilih menjadi pemain muda terbaik Piala Dunia 2010, itu artinya dia meneruskan prestasi seniornya, Lukas Podolski, yang dinobatkan meraih gelar serupa pada Piala Dunia 2006 JermanSebelumnya, hanya ada satu pemain Jerman yang mendapatkan predikat pemain muda terbaik, yaitu Franz Beckenbauer di Piala Dunia 1966.

Muller sendiri memilih merendah, meski terpilih sebagai salah satu kandidat pemain muda terbaik Piala Dunia 2010Pemain Bayern Mucnhen itu mengaku tersanjung skill-nya diakui"Saya merasa tersanjung terpilih menjadi salah satu nominatorIni adalah pengakuan pengakuan luar biasa terhadap kerja keras yang sudah saya lakukan," ujar Muller, seperti dilansir Reuters.

TSG FIFA yang memilih kandidat pemain berbakat itu, beranggotakan para pelatih top dan analisKomisi ini dipimpin oleh Jean-Paul Brigger, mantan pemain timnas Swiss dan pemain terbaik Swiss 1992Brigger pernah meraih gelar juara Liga Swiss bersama FC SionJean-Paul Brigger juga pernah merasakan lima kali gelar Piala Swiss, dan pernah menyabet predikat pelatih terbaik Swiss 1995Anggota TSG lainnya saat ini adalah Christian Karembeu, Gerard Houllier, Holger Osieck, Kalusha Bwalya, serta Ephraim Matsilele "Jomo" Sono(ali)

Pemain Muda Terbaik 10 PD Terakhir

PD        Pemain                           Asal
2006    Lukas Podolski             Jerman
2002    Landon Donovan          AS
1998    Michael Owen                Inggris
1994    Marc Overmars              Belanda
1990    Robert Prosinecki         Yugoslavia
1986    Enzo Scifo                       Belgia
1982    Manuel Amoros             Prancis
1978    Antonio Cabrini              Italia
1974    Wladyslaw Zmuda        Polandia
1970    Teofillo Cubillas            Peru

BACA ARTIKEL LAINNYA... Termotivasi Rebut Sepatu Emas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler