Mulut Harus Dirangsang Agar Gigi Tetap Berkilau

Minggu, 17 Maret 2013 – 12:01 WIB
SETIAP orang pasti mendambakan punya gigi yang tanpak putih dan bersih. Namun tanpa kita sadari, makanan dan minuman favorit justru menjadi penghalangnya.

Kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, ini juga berlaku untuk merawat gigi agar tetap bersih tanpa menggunakan pemutih gigi tentunya. Ini triknya.

Mulai sekarang, mulailah sering mengunyah buah dan sayuran. Mengapa? Selain baik untuk nutrisi tubuh, makanan seperti apel, wortel dan seledri, ternyata dapat membantu menyapu plak di permukaan gigi. Dengan mengunyah sayur atau buah, maka mulut pun akan terangsang untuk memproduksi mouthwash (pembersih mulut) alami.

Cara kedua, persiapkan sedotan saat anda berpergian, karena tidak setiap tempat atau rumah makan menyediaakan sedotan. Meminum minuman berwarna gelap seperti teh, kopi dan coklat dengan menggunakan sedotan, dapat membantu mencegah zat warna yang ada di minuman itu  menempel di permukaan gigi sehingga mengubah warna alami gigi.

Cara terakhir, teguklah air setelah makan. Kalau perlu, airnya dikumur dulu sebelum ditelan. Ini merupakan cara tercepat untuk menyapu residu dan sisa makanan di dalam mulut, sekaligus dapat mencegah endapan yang menyebabkan plak.

Selain itu, mengunyah permen karet juga berguna untuk self cleansing pada gigi.  Hal itu dapat merangsang produksi saliva (air ludah) lebih banyak sehingga bau mulut pun akan berkurang.

Eitss… tapi jangan lupa setelah itu tetap gosok gigi ya. Mengapa? Karena kandungan gula yang terkandung di dalam permen karet dapat merusak gigi.

Yang tak kalah penting adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam, seperti permen, coklat atau soft drink. Pasalnya, bakteri sangat menyukai karbohidrat sederhana seperti gula. Bakteri akan membuat plak yang akan mengubah gula menjadi asam. Asam dapat mengikis enamel gigi sehingga gigi bisa berlubang. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alat Diagnosa Jantung Mobile Dipasarkan di Indonesia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler