Murah Meriah, Ini 7 Perawatan yang Bisa Dicoba di Rumah

Rabu, 27 Maret 2019 – 22:07 WIB
Pijat wajah. Foto: Prevention

jpnn.com - Tak hanya sekadar menggunakan masker dan scrub, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat diri sendiri di rumah. Selain hemat juga lebih tenang melakukannya karena siapapun bisa melakukannya.

Berikut langkah perawatan di rumah yang dapat dicoba, seperti dilansir dari Glamour, Rabu (27/3).

BACA JUGA: Catat 5 Rahasia Perawatan Alami Agar Wajah Tetap Awet Muda

1. Pijat wajah sendiri

Tak perlu khawatir jika memiliki mata bengkak. Jari bisa digunakan untuk memijatnya dengan lembut. "Gunakan jari manis untuk menekan lembut pada tulang orbital, bergerak dari sudut dalam mata ke luar dan mengulangi dua hingga tiga kali," kata facialis selebriti Cecilia Wong.

BACA JUGA: Sebelum Terlambat, Kenali 7 Bahan Kimia pada Skin Care

Hal ini tidak hanya akan merangsang sirkulasi, tetapi juga membantu meminimalkan garis-garis halus dan mengurangi peradangan.

2. Gunakan batu es untuk menenangkan wajah

BACA JUGA: 5 Kesalahan Mencuci Tangan, Waspadai Bahayanya

Wajah dapat dicuci dengan air es batu. Selain menyegarkan, suhu dingin dapat mengurangi bengkak, mengencangkan pori-pori, dan menenangkan peradangan.

3. Ganti sarung bantal

Menjaga bantal agar tetap bersih adalah rahasia kecantikan terbaik. Sarung bantal dapat menempel pada kotoran, minyak, dan bakteri dari wajah, rambut, lingkungan, dan dapat menjadi tempat berkembang biaknya jerawat. Cobalah untuk menukar sarung bantal Anda setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi risiko breakout.

4. Tidur telentang

Memperhatikan durasi tidur itu sangat penting, tapi posisi tidur pun sama pentingnya. Hindari menyelipkan wajah ke bantal di malam hari. Tidur telentang sangat ideal, karena  menekan pipi ke bantal dapat menyebabkan garis.

5. Redakan peradangan dengan garam

Garam laut memiliki sifat antibakteri yang kuat dan berfungsi untuk menarik minyak dari pori-pori. Gabungkan satu sendok teh garam laut dengan air yang cukup untuk membentuk pasta. Oleskan pada jerawat, biarkan mengering hingga satu jam (10 menit untuk jenis kulit sensitif), dan bilas.

6. Cuci tangan

Ketika menyentuh wajah, itu berarti menyebarkan bakteri tangan ke kulit yang dapat memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Cuci tangan di setiap waktu luang, atau hindari sentuhan tangan pada wajah.

7. Buat masker DIY

Siapkan baking soda, air, dan air lemon. Campurkan dua sendok teh soda kue dengan satu sendok teh air, dan peras dengan sedikit air lemon. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering selama lima menit sebelum dibilas dengan air. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenali 5 Kesalahan Saat Melakukan Perawatan Wajah di Rumah


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler