Murdoch dan Elon Musk

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Kamis, 23 Juni 2022 – 18:37 WIB
Rupert Murdoch dan Jerry Hall (AFP)

jpnn.com - Dua raja media dari dua generasi yang berbeda minggu ini menjadi topik berita. 

Satu dari generasi kolonial satunya dari generasi milenial. 

BACA JUGA: Dihajar Bekas Istri, Rupert Murdoch Masuk Rumah Sakit

Rupert Murdoch, raja media berusia 91 tahun menguasai media dan cetak dan televisi di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. 

Elon Musk, penguasa industry mobil listrik dan industri persawat ruang angkasa, sekaligus penguasa Twitter yang menjadi salah satu platform media sosial paling berpengaruh di dunia.

BACA JUGA: Elon Musk Mengancam Twitter, Lho, Kok!

Keduanya menjadi berita besar di Amerika hari-hari ini. 

Tidak ada hubungannya langsung dengan urusan bisnis media tapi lebih menyangkut urusan pribadi dan gaya hidup pribadi masing-masing. 

BACA JUGA: Dukung Gerakan Anti-Tiongkok, Raja Media Hong Kong Disikat Polisi

Murdoch menjadi berita besar karena bercerai dari istrinya Jerry Hal, 65 tahun, setelah menikah selama 6 tahun.

Elon Musk menjadi berita karena Xavier, anak pertamanya dari perkawinan pertama, mengajukan permohonan kepada pengadilan di Toronto, Kanada, untuk mengubah jenis kelaminnya dari laki-laki menjadi perempuan. 

Xavier berusia 18 tahun dan diketahui sebagai transgender. Selain mengajukan pergantian jenis kelamin Xavier juga memutus hubungan dengan Elon Musk dan tidak mengakuinya sebagai ayah dan tidak memakai namanya sebagai nama belakang.

Kawin dan cerai merupakan hal biasa bagi selebritas dan pesohor. Akan tetapi, Rupert Murdoch bukan pesohor biasa. Dia empat kali kawin dan empat kali cerai. Usianya sekarang 91 tahun, tapi dia bisa disebut sebagai tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. 

Jerry Hall dikenal sebagai supermodel cantik dan terkenal pada masa jayanya. Ia menjadi lebih terkenal karena menjadi ‘’istri’’ Mick Jagger, vokalis The Rolling Stones. 

Hubungan Jagger dan Hall tidak diikat oleh perkawinan resmi meskipun pasangan itu sudah kumpul kebo selama 22 tahun dan menghasilkan empat anak yang sekarang sudah berusia kepala empat.

Jagger berpisah dengan Hall begitu saja pada 1999 tanpa ‘’gono-gini’’ sebagaimana biasa terjadi dalam proses perceraian di Eropa dan Amerika. 

Hal itu terjadi karena pasangan itu tidak menikah resmi sehingga tidak ikatan pernikahan yang dilindungi hukum. 

Kendati demikian, Hall masih tetap mendapatkan kompensasi perceraian sebesar USD 25 juta atau sekitar Rp 250 miliar. Perceraian ini disebut sebagai salah satu perceraian selebritas dengan kompensasi paling mahal.

Jagger dan Hall pernah dikabarkan menikah di Bali pada 1991, tetapi pernikahan itu tidak diakui oleh hukum Inggris karena hanya dianggap sebagai pernikahan tidak resmi. 

Upaya Hall untuk mendapatkan kompensasi perceraian dari Jagger gagal pengadilan Inggris tidak mengakui pernikahan di Bali itu.

Perceraian Murdoch dengan Hall menjadi berita besar di Amerika, Eropa, dan Australia. 

Murdoch dikenal sebagai triliuner dan raja media yang menguasai media-media besar di tiga benua itu. 

Di Amerika, Murdoch ialah raja media yang disegani karena memiliki kelompok media besa News Corps dan Fox News. 

Dua grup media besar itu terkenal sebagai pembela Partai Republik yang sangat fanatik. 

Dalam setiap pemilu presiden, Fox News selalu membela matia-matian capres dari Partai Republik, termasuk  Donald Trump yang maju dalam Pilpres 2016 dan 2020.

Total kekayaan Murdoch mencapai USD 17 miliar atau setara dengan Rp 230 triliun. 

Dengan kekayaan sejumlah itu, Murdoch harus membayar gono-gini triliunan rupiah kepada Hall. 

Sebagai perbandingan, ketika Murdoch menceraikan istri keduanya Anna Mann dia harus membayar gono-gini USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun. Jerry Hall dipastikan akan kaya raya dari hasil gono-gini dengan Murdoch.

Perceraian di usia tua menjadi fenomena yang banyak terjadi di Amerika. 

Pada Agustus 2021, Bill Gates bercerai dari istrinya Linda Gates setelah menikah selama 27 tahun dan mempunyai tiga anak. 

Perceraian ini menjadi berita besar di Amerika dan di seluruh dunia dan menjadi trending topic berhari-hari karena tidak ada yang menyangka bahwa pasangan triliuner itu bercerai pada usia tua. Sebelum berita perceraian muncul pasangan ini selalu terlihat harmonis dan bahagia.

Bill Gates berusia 66 tahun dan Linda berusia 57 tahun ketika bercerai. 

Bill Gates mendirikan Microsoft dan berkembang menjadi raja produk software dunia dan menjadikan Gates sebagai tiga besar manusia terkaya di dunia. 

Pasangan itu mendirikan yayasan amal ‘’The Gates Foundation’’ yang memberikan bantuan triliunan rupiah untuk proyek kemanusiaan, kesehatan, dan pendidikan di seluruh dunia.

Beda dengan Murdoch yang suka kawin cerai, Bill Gates hanya menikah dengan Melinda. 

Keduanya bertemu di Microsoft dan menikah setelah saling mengenal selama tujuh tahun. 

Selama menikah, pasangan itu rukun dan harmonis. 

Mereka menghadiri acara-acara resmi berdua dan banyak membagikan momen-momen bahagia kepada penggemarnya.

Akan tetapi, akhirnya perpecahan rumah tangga tidak bisa disembunyikan lagi. 

Pasangan yang sudah sepuh itu memutuskan berpisah meskipun harus membayar gono-gini yang sangat mahal. 

Total kekayaan Bill sekitar USD 130 miliar atau hampir Rp 2.000 triliun. Kekayaan itu harus dibagi dengan Melinda sebagai pembayaran gono-gini.

Kasus perceraian yang tidak kalah heboh terjadi pasangan selebritas Johny Depp menggugat mantan istrinya, Amber Heard, di pengadilan. 

Kedua pasangan itu menikah pada 2015 dan setahun kemudian berpisah. Proses perceraian alot dan makin rumit karena pasangan itu saling melapor mengenai kekerasan dalam rumah tangga yang dialami.

Depp merasa dicemarkan nama baiknya karena mantan istrinya mengungkap kepada pers mengenai tindak kekerasan yang sering dilakukan Depp selama berumah tangga. 

Depp menggugat ke pengadilan beberapa kali sepanjang 2018 dan 2019. 

Akan tetapi, kasus pengadilan yang paling heboh terjadi Mei 2022 ketika Depp kembali melaporkan Amber Heard ke pengadilan karena pencemaran nama baik.

Depp merasa tercemar namanya dan karier filmnya terancam gegara Heard memberikan wawancara ke berbagai media besar Amerika mengenai perangai Depp yang buruk dan kasar selama perkawinan. Persidangan berlangsung selama enam minggu dan menjadi trending topic setiap hari di seluruh dunia.

Pada akhir persidangan, hakim memutuskan kemenangan untuk Depp dan mewajibkan Heard untuk membayar denda sebesar USD 10 juta atau setara dengan Rp 150 miliar. 

Akan tetapi, hakim juga mendenda Depp untuk membayar kompensasi kepada Heard sebesar USD 2 juta atau Rp 30 miliar. 

Heard mengaku tidak cukup punya uang untuk membayar kompensasi, tetapi dia tetap diharuskan untuk membayarnya.

Kasus rumah tangga Depp-Heard melibatkan nama Elon Musk yang disebut-sebut sebagai orang ketiga. 

Elon Musk ialah manusia terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari USD 200 miliar atau setara dengan Rp 3.000 triliun. 

Musk mempunyai gaya hidup bebas dan berganti-ganti pasangan dengan para selebritas papan atas Hollywood. 

Dalam sidang gugatan Depp melawan Heard terungkap bahwa Musk hanya dijadikan selingan oleh Heard yang stres karena rumah tangganya yang berantakan dengan Depp.

Elon Musk sendiri mempunyai kebiasaan kawin cerai dalam hidupnya. Dalam usia 50 tahun sekarang Musk tiga kali cerai dan berhubungan dengan banyak wanita, termasuk penyanyi Grimes yang menghasilkan seorang anak. 

Elon Musk mendapatkan lima anak dari istri pertama Justine Wilson. Anak pertama Musk lahir kembar dan sekarang berusia 18 tahun.

Pekan ini anak Musk bernama Xavier mengajukan permohonan kepada pengadilan untuk mengganti jenis kelamin dari lelaki menjadi perempuan. 

Xavier juga mengajukan pemutusan hubungan dengan Musk. Dia tidak mengakui Musk sebagai ayahnya dan tidak ingin memakai nama Musk di belakang namanya.

Murdoch dan Musk tidak punya hubungan langsung. 

Akan tetapi dua-duanya sama-sama raja media. 

Murdoch menguasai media cetak dan televisi, Musk menguasai Twitter setelah membeli mayoritas sahamnya. 

Gaya hidup mereka tercermin dalam pilihan politik mereka, dan pada akhirnya memengaruhi kebijakan media mereka. 

Murdoch kelihatannya masih tetap setia kepada konservativisme Partai Republik. 

Elon Musk justru meninggalkan Partai Demokrat dan mendukung Republik. 

Menarik untuk dilihat, apakah Twitter akan menjadi lebih konservatif atau lebih liberal setelah Musk pindah ke lain hati. (*)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cak Abror

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler