Musik Dulu, Pacar Kemudian

Selasa, 24 Januari 2012 – 08:42 WIB
Lala Karmela, musisi berumur 26 tahun, usai pentas di acara Dahsyat, kemarin (23/1). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

JAKARTA - Bagi musisi, musik sudah menjadi bagian dari hidup. Demikian halnya dengan Lala Karmela. Musisi cantik 26 tahun itu menyatakan lebih menomorsatukan musik daripada hal lain, khususnya kekasih.

"Bagi aku, musik tetap nomor satu. Karena dari kecil sampai sekarang aku merasa passion-ku di musik dan aku sudah terjun di dalamnya," ujar Lala saat ditemui di studio RCTI kemarin (23/1).

Bagi Lala, kekasih bisa jadi berada di urutan kedua setelah musik. Apakah sudah memiliki pacar? Pelantun tembang Satu Jam Saja itu enggan menjawab. "Ada deh," ucapnya.

Namun, Lala mengaku menyukai sosok pria yang bisa membuatnya nyaman. Dia juga lebih suka pria tersebut mendukung penuh karirnya di dunia musik. Soal kriteria fisik, penyanyi kelahiran 2 April itu mengaku tidak punya. "Aku ingin pasangan yang bisa support dan ngerti musik. Kalau kriteria fisik nggak ada, karena kalau memberi suatu tipe akhirnya yang dateng nggak sesuai sama yang diinginkan," jelasnya.

Soal persaingan di dunia musik tanah air yang makin ramai dengan pendatang baru, Lala mengaku tak khawatir. Menurut dia, pasar di Indonesia cukup luas dan beragam. Karena itu, setiap genre musik memiliki pasar masing-masing. "Di Indonesia itu ada 200 juta orang dan setiap genre musik itu punya their own market (pasar sendiri). Aku malah senang ada semakin banyak orang yang bisa mengekspresikan diri lewat musik," tuturnya.

Meski begitu, penyanyi yang piawai bermain gitar itu pun tidak memungkiri jika pasar Filipina lebih mudah ditembus ketimbang negeri sendiri. Seperti diketahui, sebelum dikenal di Indonesia, Lala sudah meniti karir bermusik di Filipina. "Kalau di Filipina aku bisa mainin lagu-lagu yang aku merasa comfort. Tapi, market di sana sama di sini memang beda. Ya, Indonesia itu beraneka ragam. Jadi, sering menyesuaikan dengan pasar," ujarnya.

Meski begitu, putri pasangan Eko Kartodirjo dan Marie Herradura tersebut tetap lebih sreg berkarir di negeri sendiri. Lala juga memiliki target untuk bisa membawa musiknya ke negara-negara lain. "Tapi, prioritas di negara sendiri dulu," jelas pengagum musisi perempuan Sheryl Crow dan Michelle Branch tersebut.

Karena itu, Lala pun selalu berupaya meningkatkan kualitas musik dan vokalnya. Setiap hari pemilik nama lengkap Karmela Mudayatri Herradura Kartodirdjo tersebut selalu menyempatkan diri untuk berlatih, baik vokal maupun kemampuan memainkan instrumen. Dia menyebutnya latihan seikhlasnya. "Latihan tiap hari, ya bisa dibilang latihan seikhlasnya. Pokoknya, ada waktu luang aku langsung latihan. Sempatkan pegang gitar buat warming up," imbuh dia. (ken/c10/any)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Vicky Shu Hindari Rekayasa demi Sensasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler