Muzani: Pak Prabowo Ingin Kader Gerindra Mencontoh Perjuangan Pangeran Diponegoro

Jumat, 08 Oktober 2021 – 20:04 WIB
Wakil Ketua MPR sekaligus Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani berziarah ke makam pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro. Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani berziarah ke makam pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (8/10). 

Muzani bersama Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Aras, sejumlah anggota DPRD Sulsel, anggota Komisi IV DPR Azikin Sultan, anggota Komisi II DPR  Prasetyo Hadi dan Wasekjen Partai Gerindra Fauzi Badilah, diterima dan berdiskusi dengan salah satu keturunan Pangeran Diponegoro yakni Raden Hamzah Diponegoro. 

BACA JUGA: Hadiri Musda TIDAR Sumut, Muzani Ingatkan Pentingnya Idealisme untuk Melawan Pragmatisme

Muzani menyampaikan rasa terima kasih kepada Raden Hamzah yang telah memberikan sambutan hangat dalam rangka ziarah DPP Partai Gerindra ke makam Pangeran Diponegoro

Cerita demi cerita terus disampaikan tentang perjuangan Pangeran Diponegoro di Pulau Jawa hingga diasingkan ke Makassar. 

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani Menyaksikan Vaksinasi di Ponpes Buntet Cirebon

"Dalam sejarah yang kami baca, perang Diponegoro adalah salah satu perang terbesar yang menyebabkan pemerintahan Kerajaan Belanda bangkrut,” kata Muzani di lokasi sebagaimana dalam siaran persnya, Jumat (8/10). 

Menurut Muzani, perang ini menelan korban dalam jumlah besar dari kedua belah pihak. 

BACA JUGA: Muzani: Prabowo Subianto Menginstruksikan Fraksi Gerindra DPR Bantu Korban Banjir Kalteng

Oleh karena itu, dia menyebut bahwa ini merupakan perang yang paling besar dan lama, serta dengan perjuangan panjang. 

“Perlawanan dan perjuangan Pangeran Dipononegoro di tanah Jawa melawan Belanda sangat luar biasa, sejak 1825 sampai 1830. Selama lima tahun tanpa henti berperang di tanah Jawa," kata sekretaris jenderal (sekjen) Partai Gerindra, itu. 

Menurut dia, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ingin kader partainya meneladan perjuangan para pahlawan, seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanudin, dan lainnya. 

Menurut Muzani, dalam setiap acara Partai Gerindra, pihaknya selalu memasang foto-foto para pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanusin, dan lainnya. 

“Pak Prabowo selalu menyampaikan kepada kami bahwa para pahlawan yang wajahnya terpampang itu bukan sekadar penghias dinding dan ruangan, tetapi kata Pak Prabowo, beliau ingin agar seluruh kader Gerindra meneladan perjuangan mereka," lanjut Muzani.

Dia berharap seluruh kader Partai Gerindra bisa melanjutkan cita-cita dan semangat perjuangan pahlawan seperti Pangeran Diponegoro dalam setiap lembar sejarahnya. 

Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPR itu mengatakan generasi penerus harus memupuk semangat yang kuat untuk memperjuangkan Indonesia yang adil makmur dan sejahtera.  "Maka saya kira kita sebagai generasi penerus harus menghormati perjuangan para pahlawan,” jelasnya. 

Legislator dari Lampung itu menjelaskan ziarah yang dilakukan ini adalah bagian dari cara Partai Gerindra menghormati perjuangan para pahlawan, termasuk Pangeran Diponegoro. Harapannya, kata dia, bisa meneladan dan meneruskan apa yang telah dirintis oleh para pahlawan. 

“Inilah yang diharapkan oleh Pak Prabowo kepada kader-kader Gerindra untuk dapat memupuk semangat yang tinggi dalam membela kepentingan rakyat, bangsa, dan negara dalam setiap jabatan yang dipikul, sehingga cita-cita perjuangan menjadikan Indonesia adil dan makmur tercapai," katanya. (boy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler