Nadal dan Lapangan Menjadi Momok

AS Hadapi Dua Lawan

Jumat, 19 September 2008 – 13:12 WIB
MADRID - Langkah Amerika Serikat (AS) untuk mempertahankan gelar Piala Davis menemui jalan terjalMereka harus meladeni Spanyol di semifinal yang berlangsung mulai hari ini di Madrid

BACA JUGA: Indonesia Amankan Dua Tiket Semifinal

Apalagi, AS kehilangan dua andalannya, James Blake di tunggal dan Bob Bryan di ganda.

Beban berat juga akan ditanggung pengganti Blake, Sam Querrey, yang baru menjalani debutnya di Piala Davis
Tak tanggung-tanggung, lawan yang akan dihadapinya adalah petenis nomor satu ATP (Asosiasi Tenis Pria) Rafael Nadal yang sudah memastikan diri memperkuat negerinya.

"Saya berusaha sebaik-baiknya memberi perlawanan, tapi tak akan banyak yang bisa saya lakukan

BACA JUGA: Pemain Persiku Tuntut Gaji

Saya harus bermain agresif, menggabungkannya dengan servis bagus dan mendikte poin demi poin,'' ujar Querrey.

Keputusan untuk menyertakan Querrey dalam tim merupakan keputusan murni yang diambil kapten tim AS Patrick McEnroe
McEnroe pula yang memasang Querrey menjadi tunggal pertama yang akan mengais poin untuk sang juara bertahan.

"Saya sudah berpikir itu akan baik bagi Sam

BACA JUGA: Arema Tunggu Rapat

Dengan bermain sebagai orang pertama, dia tak harus duduk di ruang ganti dan mendengar 20 ribu pendukung Spanyol mencemooh tim lawan,'' ujar McEnroe.

McEnroe yakin, Querrey mampu berbuat banyak menghadapi NadalItu mengacu pada pertemuan terakhir mereka di babak keempat AS Terbuka lalu yang berakhir untuk kemenangan Nadal 6-2, 5-7, 7-6 (2), 6-3.

Di pertandingan kedua, AS akan mengandalkan petenis peringkat delapan ATP, Andy RoddickDia akan menghadapi David Ferrer yang berada di peringkat kelima"Kuncinya adalah mengembalikan setiap bolaTapi, yang jelas pertandingan kami akan berlangsung lama,'' tutur Ferrer.

Sementara itu, Roddick dan skuad tim AS lain juga harus berhadapan dengan jenis permukaan lapangan tempat laga dilangsungkanLas Ventas Stadium yang menjadi arena laga memiliki permukaan lapangan tanah liat yang karakternya tak seperti lapangan lainKarena dibangun khusus untuk laga tersebut, karakter tanah liat Las Ventas lebih cepat daripada tanah liat lain.

"Ini bukan lapangan tanah liat yang kita kenal lambat, tapi juga bukan yang tercepatJika saya bermain bagus, saya merasa baik-baik saja di lapangan jenis apa pun,'' ungkap Roddick.

Semifinal lain akan mempertemukan tuan rumah Argentina dan juara dua kali, RusiaPertarungan itu dilangsungkan di lapangan tanah liat yang terletak di ibu kota Buenos AiresMeski bertindak selaku tuan rumah, Argentina merasa tak banyak diunggulkan untuk lolos ke semifinal.

"Mereka memiliki para pemain yang berbahaya di lapangan tanah liatMereka juga memiliki motivasi tinggi, seperti tahun-tahun sebelumnyaKami harus berjuang untuk tiap poin,'' ujar David Nalbandian, petenis terbaik Argentina, kepada Reuters(ady/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadwal ISL Berubah (Lagi)


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler