Nadal-Wozniacki Unggulan Teratas

Jumat, 14 Januari 2011 – 17:33 WIB
MELBOURNE - Para petenis papan atas dunia segera merasakan kerasnya persaingan grand slamSeperti tahun-tahun sebelumnya, Australia Terbuka menjadi grand slam pembuka di musim 2011

BACA JUGA: Leo Absen, Nasuha Masuk Inti

Even edisi ke-99 itu akan diselenggarakan di Melbourne Park, Melbourne.

Sebagai tanda persiapan, penyelenggara Australia Terbuka 2011 merilis daftar unggulan para pemburu gelar
Tak banyak kejutan yang terjadi

BACA JUGA: Leonardo Bangga Raih Victory Ketiga

Penghuni posisi teratas peringkat ATP (Asosiasi Tenis Putra) dan WTA (Asosiasi Tenis Putri) menempati unggulan utama
Di kelompok putra, Rafael Nadal (Spanyol) berada di urutan teratas

BACA JUGA: Dua Pemain Persibo Masih Absen

Sedangkan di bagian putri Caroline Wozniacki (Denmark) ditempatkan sebagai unggulan pertama.

Seperti dikutip dari situs resmi turnamen, Nadal ditempatkan sebagai unggulan teratas di nomor putraDi belakang petenis Spanyol itu terdapat sang rival beratnya, Roger FedererNovak Djokovic, Robin Soderling, dan Andy Murray melengkapi daftar lima besar.

Tahun lalu Nadal berhasil memenangi tiga dari empat gelaran grand slamSatu-satunya yang lepas di tahun lalu adalah trofi juara Australia TerbukaDi Australia Terbuka, petenis 24 tahun itu pernah menjadi juara yakni di tahun 2009Jika mampu meraih gelar di Melbourne Park tahun ini, maka Nadal meraih empat grand slam secara beruntun, setelah Prancis Terbuka, Wimbledon, dan Amerika Serikat (AS) Terbuka 2010.

Prestasi Nadal tahun lalu membuatnya mantap mengakhiri musim di puncak peringkat ATPSebelum memasuki Australia Terbuka, dia memiliki 12.390 poin atau unggul 3.145 poin dari Federer yang menjadi rival terdekatnyaJadi, apa pun hasilnya, Nadal masih akan berada di peringkat teratas saat Australia Terbuka berakhir.

Sementara, di bagian putri, petenis Denmark Caroline Wozniacki ditempatkan sebagai unggulan teratasPosisi sebagai unggulan teratas grand slam merupakan pengalaman kedua bagi petenis 20 tahun itu.

Sebagai catatan, meski berada di posisi teratas, Wozniacki belum pernah merasakan gelar grand slamPrestasi tertingginya di grand slam adalah final AS Terbuka 2009Di Australia Terbuka, Wozniacki dua kali masuk ke putaran keempat, tahun 2008 dan 2010.

Di daftar unggulan tunggal putri itu, Vera Zvoraneva (Rusia), Kim Clijsters (Belgia), Venus Williams (AS), dan Samantha Stosur (Australia) melengkapi daftar lima besarSayang, persaingan bakal sedikit berkurang, seiring tak tampilnya Serena Williams (AS) di edisi tahun iniJuara di dua edisi terakhir itu masih menjalani pemulihan setelah menjalani operasi pada kaki kirinya.

Undian lengkap untuk Australia Terbuka 2011 digelar di Melbourne Park, hari ini mulai pukul 10.00 waktu setempatBerdasar keterangan di situs resmi turnamen, mantan petenis nomor satu dunia Ivan Lendl akan ambil bagian dalam upacara pengundian ini.

Tahun ini, jumlah hadiah total mencapai USD 24 juta atau naik 3,8 persen dari tahun laluHadiah untuk tunggal putra dan tunggal putri tak menunjukkan perbedaan, yaitu masing-masing akan menerima hadiah senilai USD 2,2 juta.

Kabar lain menunjukkan, turnamen tahun ini berpotensi mendapat gangguan cuacaDi hari kedua kualifikasi yang berlangsung kemarin, seluruh laga tertunda akibat turunnya hujan deras disertai anginPerkiraan cuaca untuk dua minggu mendatang masih menunjukkan peluang besar terjadinya hujan di siang hari(ady/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lorenzo Temu Fans Sambil Liburan di Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler