Nama Caleg Terpilih Belum Diumumkan tetapi Sudah Diminta Serahkan LHKPN

Selasa, 23 Juli 2024 – 17:01 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur Jawa Barat Abdul Latief.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri).

jpnn.com - CIANJUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan nama calon anggota terpilih untuk DPRD Cianjur periode 2024-2029.

Meski demikian, KPU sudah meminta para caleg untuk segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebelum pelantikan.

BACA JUGA: KPU Gorontalo Gelar Rapat Pleno Penghitungan Hasil PSU Jumat Besok

Menurut Komisioner KPU Cianjur Abdul Latief, meski belum mengumumkan secara resmi nama 50 orang anggota DPRD Cianjur terpilih karena sengketa hasil Pemilu 2024, tetapi koordinasi terkait LHKPN sudah dilakukan sejak jauh hari.

"Kami masih menunggu petunjuk dari KPU RI terkait pengumuman resmi nama 50 anggota DPRD Cianjur terpilih hasil Pemilu 2024, tetapi terkait LKHPN sudah kami minta untuk segera diserahkan sebagai salah satu syarat sebelum pelantikan di bulan Oktober," ujar Latief di Cianjur Selasa (23/7).

BACA JUGA: Demokrat Pertanyakan Soal Kotak Suara 20 TPS di Serang yang Hilang

Menurut Latief, pengumuman resmi nama anggota DPRD Cianjur masa bakti 2024-2029 terhambat karena sengketa Pemilu 2024 yang diajukan calon anggota DPRD Cianjur dari Partai Gerinda dan dikabulkan Mahkamah Konstitusi dengan menggelar pemungutan suara ulang di TPS 15.

Sehingga proses pengumuman resmi harus menunggu keputusan KPU RI menuntaskan hasil dari PSU dan Penghitungan Ulang Surat Suara yang sudah dilakukan pada bulan Juni yang berpengaruh terhadap hasil akhir Pemilu 2024 di Cianjur.

BACA JUGA: Irjen Iqbal Turun Langsung Awasi PSU Pileg di Riau, Ini yang Terjadi

"Setelah petunjuk dari KPU RI keluar, baru kami umumkan nama 50 orang anggota DPRD Cianjur yang akan mengisi gedung dewan. Namun untuk saat ini sejumlah pengurus partai politik sudah mulai berkomunikasi terkait 27 persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk LKHPN," katanya.

Dia menegaskan belum dapat menyebutkan nama 50 orang anggota DPRD Cianjur terpilih, tetapi sudah memberikan gambaran pada pengurus parti politik untuk menyiapkan persyaratan sebelum hari pelantikan bagi anggota DPRD Cianjur dari partai politik peserta Pemilu 2024.

"Secara resmi memang belum tetapi sejumlah partai politik sudah mengantongi nama anggota DPRD Cianjur terpilih, sehingga mereka diminta untuk melengkapi persyaratan," kata Latief. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tokoh Muhammadiyah Inginkan Irman Gusman jadi Senator Lagi


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler