Nama Erick Thohir Unggul, Kandidat Cawapres Terkuat 5 di Wilayah Jawa

Kamis, 15 Desember 2022 – 17:48 WIB
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir. Foto dok MES

jpnn.com, JAKARTA - Nama Menteri BUMN Erick Thohir mencuat sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat di daerah 5 Jawa berdasarkan temuan Poltracking Indonesia.

Orang nomor satu di Kementerian BUMN itu diketahui selalu berada di urutan teratas dalam hasil survei di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Saga dan Masyarakat Riau Doakan Kemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyatakan elektabilitas Erick Thohir melejit sebagai cawapres karena berbagai faktor.

Faktor ini di antaranya adalah pergerakan politik yang masif di berbagai daerah, terkoneksi dengan Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo, memiliki tingkat kepuasan teratas sebagai menteri dan hubungan dekat bersama organisasi Islam terbesar di dunia yakni NU.

BACA JUGA: Duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir tak Hanya Saling Melengkapi, tetapi Juga jadi Impian Rakyat

“Basis Jokowi, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir punya brand connection terdapat faktor kinerja, faktor kedekatan dan pemilih Ganjar Pranowo cenderung merekomendasikan Erick Thohir,” tutur Hanta dalam acara Rilis Temuan 5 Survei Provinsi Di Pulau Jawa dengan tema Jawa Penentu Kemenangan? Membedah Kekuatan Politik Elektoral Capres, Cawapres & Partai Politik di Pulau Jawa, Kamis (15/12).

"Erick Thohir juga belakangan memiliki hubungan yang dekat bersama NU sebagai Anggota Kehormatan Banser. Kemudian terdapat faktor prestasi hasil kepuasan kinerja sebagai menteri,” imbuhnya.

BACA JUGA: Gebrakan Inovasi Erick Thohir Mampu Jaga Stabilitas Nasional

Berdasarkan temuan survei di daerah lima Jawa Poltracking, Erick Thohir menempati posisi cawapres pertama pilihan masyarakat Jateng dan Jatim.

Kemudian menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini menempati posisi ke dua di DKI Jakarta dan ke tiga di Jabar serta Banten.

Di Jateng, angka elektabilitas Erick Thohir tertinggi dengan berada di angka hingga 25,4 persen. Kandidat nomor dua di Jateng adalah Ridwan Kamil dengan elektabilitas 10,4 persen.

Di Jatim, Erick Thohir bersaing dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di posisi teratas.

Anggota Kehormatan Banser ini mendapatkan elektabilitas sebesar 18,3 persen dan Khofifah di angka 18,6 persen.

Kemudian di DKI Jakarta, Erick Thohir bersaing dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Keduanya terpaut selisih elektabilitas sebesar 7,2 persen, di mana AHY memiliki elektabilitas sebesar 24,7 persen dan Erick Thohir di angka 17,2 persen.

Dengan angka tersebut AHY berada di urutan teratas dan Erick Thohir di urutan ke dua. Bergeser ke Jabar, Erick Thohir berada di posisi ke tiga dengan elektabilitas 10,3 persen.

Pada posisi pertama dan kedua ditempati oleh Ridwan Kamil dan AHY dengan masing-masing elektabilitas 29,1 persen serta 14,4 persen.

Terakhir, di Banten Erick Thohir bersaing di tempat ke tiga bersama Menaprekraf Sandiaga Uno yang terpaut margin of error 3,1 persen.

Elektabilitas Erick Thohir di angka 11,7 persen dan Sandiaga di angka 13,1 persen. Untuk posisi pertama dan kedua sebagai cawapres di Banten adalah AHY dan Ridwan Kamil.

Keduanya memiliki elektabilitas sebesar 29,7 persen dan 16,6 persen.

Perlu diketahui Poltracking Indonesia menyelenggarakan 5 survei provinsi di pulau Jawa (DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng dan Jatim) pada 26 November – 2 Desember 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sampel pada setiap/masing-masing provinsi adalah 1000 responden (DKI Jakarta 1000 responden, Banten 1000 responden, Jabar 1000 responden, Jateng 1000 responden dan Jatim 1000 responden) dengan MOE +/- 3.1 persen pada setiap provinsi dan tingkat kepercayaan 95 persen. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler