Nama Kiai Said Masuk Lima Besar Kandidat Cawapres

Jumat, 06 Juli 2018 – 09:00 WIB
Ketua PBNU Said Aqil Siradj berpidato pada acara Rembug Nasional dan Rakernas LPPNU di Jakarta, Jumat (15/4). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei terkait sosok calon wakil presiden (Cawapres) berdasarkan penilaian elite, opinion leader dan massa pemilih nasional dengan menitikberatkan pada kualitas personal.

SMRC melakukan survei selama bulan Mei 2018 dengan sumber dana dari dana CSR SMRC. Total elite yang menjadi responden mencapai 12 orang, mencakup politikus, teknokrat senior, intelektual nasional dengan reputasi luas, dan pengusaha papan atas.

BACA JUGA: Prabowo Diprediksi Tak Nyapres Gara-Gara Bokek

Menurut CEO Riset SMRC Djayadi Hanan, hasil survei yang dilakukan SMRC itu menunjukkan ada lima nama yang dianggap potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres), salah satunya Said Aqil Siradj, yang merupakan satu-satunya pimpinan ormas keagamaan terbesar di Indonesia yang masuk dalam lima besar tersebut.

"Survei dilakukan terhadap elite, pembuat opini atau opinion leader, maupun massa pemilih nasional," kata Djayadi Hanan di Jakarta, Kamis (5/7).

BACA JUGA: Disayangkan, Jenderal Gatot Ogah-ogahan Dekati Parpol

Survei itu menunjukkan berdasarkan penilaian opinion leader, setelah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, ada lima tokoh yang memiliki kualitas personal paling tinggi.

Said Aqil menempati posisi ketiga dengan skor 6,3 dari skala 0-10, Mahfud MD diposisi pertama (7,2), Sri Mulyani di posisi kedua (7), lalu Airlangga Hartarto di posisi keempat (6,1) dan Zainul Majdi (6,1).

BACA JUGA: Anies Serahkan Nasibnya ke Bos Partai

CEO Riset SMRC Djayadi Hanan menjelaskan, nama-nama tokoh yang berada pada peringkat teratas adalah Joko Widodo, Jusuf Kalla, dan Prabowo Subianto. Namun, ketiga tokoh tersebut secara asumsi akan menempati posisi calon presiden (capres).

Selain itu berdasarkan penilaian elite atas kualitas masing-masing tokoh, elite menilai Jokowi merupakan tokoh dengan skor rata-rata paling tinggi, lalu ada Jusuf Kalla.

Berdasarkan kriteria tersebut, posisi Said Aqil sebagai tokoh keagamaan konsisten di posisi lima besar, bersama Mahfud MD, Airlangga Hartarto, Chairul Tandjung, dan Sri Mulyani.

Sementara itu, temuan survei berdasarkan opini massa pemilih nasional, Said Aqil masuk dalam 15 nama tokoh-tokoh yang memiliki tingkat penerimaan yang "mumpuni". Ke-15 nama-nama tersebut di luar Joko Widodo, Jusuf Kalla, dan Prabowo Subianto.

Survei tersebut juga menunjukkan kalau variasi penilaian dari elite, "opinion leader" dan massa pemilih nasional yang masuk dalam penilaian lima besar setelah Jokowi, Jusuf Kalla dan Prabowo digabungkan maka tokoh-tokoh itu adalah Mahfud MD, Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Zainal Majdi, Said Aqil Siradj, Gatot Nurmatyo, dan Anies Baswedan.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Satu Lagi Kepala Daerah Nyatakan Siap Menangkan Jokowi


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler