Nana Sudjana Berharap Anggota DPRD Jateng Menjaga Amanah Rakyat

Selasa, 03 September 2024 – 15:00 WIB
Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana saat menghadiri pelantikan anggota DPRD Jateng periode 2024-2029. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SEMARANG - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berharap para anggota DPRD Jateng periode 2024-2029 yang dilantik hari ini, dapat menjalankan tugas dengan baik menjaga amanah rakyat.

"Selamat dan sukses kepada anggota DPRD masa bakti 2024-2029 yang telah terpilih dan sudah diambil sumpahnya untuk melaksanakan amanah rakyat sebaik-baiknya," kata Nana seusai menghadiri pelantikan 120 anggota DPRD Jateng periode 2024-2029, Selasa (3/9).

BACA JUGA: Belasan Mahasiswa yang Demo Tolak RUU Pilkada di DPRD Jateng Dilarikan ke RS

Adapun proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para wakil rakyat itu dilakukan dalam Rapat Paripurna di Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah. Pengambilan sumpah dilakukan oleh ketua Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah.

Sebanyak 120 anggota DPRD Jateng yang telah dilantik tersebut merupakan hasil Pemilu 2024.

BACA JUGA: Nana Sudjana Tergetkan Jateng Mendulang Minimal 50 Medali Emas Pada PON 2024

Dalam penyelenggaraan pemilu tersebut, jumlah partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya mencapai sekitar 82 persen.

Artinya, masyarakat memiliki kesadaran dan menyerahkan tanggung jawab kepada para anggota legislatif terpilih ini.

BACA JUGA: Polemik Jilbab di RS Medistra, DPRD DKI Minta Kemenkes Berikan Sanksi

"Mereka dipilih oleh rakyat dan diharapkan mampu menjadi wakil rakyat dan mewakili rakyat,” kata Nana Sudjana.

Oleh karena itu, Nana berharap para legislator tersebut mampu memberikan masukan terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat.

Menurut Nana, DPRD Jateng tidak bisa dipisahkan dari pemerintah provinsi dalam pelaksanaan tugas.

Keduanya merupakan partner yang bekerja sama, berkolaborasi, dan saling mengontrol, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Jateng.

"Semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab untuk mengatasi tantangan pembangunan di Jawa Tengah. Tentunya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Nana.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD periode 2019-2024. Selama ini, hubungan, sinergisitas, dan kerja sama terjalin dengan baik.

"Ke depan kerja sama dan kolaborasi antara DPRD dengan Pemprov Jateng ini harus lebih baik," ucap Nana.

Pelantikan 120 anggota DPRD Jawa Tengah periode 2024-2029 dipimpin oleh Sukirman (Wakil DPRD Jateng 2019-2024).

Setelah pelantikan juga ada penunjukan Ketua DPRD Jawa Tengah Sementara yang dijabat oleh Sumanto dan Wakil Ketua Sementara dijabat oleh Syarif Abdillah.

Nana dan segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jateng turut hadir dalam acara pelantikan tersebut. (jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler