Nana Sudjana Dikukuhkan Sebagai Ketua Mabida Pramuka Jateng

Senin, 29 Juli 2024 – 20:48 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jateng masa bakti 2023-2028. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dikukuhkan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jateng masa bakti 2023-2028.

Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar bersama 53 anggota Mabida di gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin, 29 Juli 2024.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Dorong Kegiatan Pramuka Berkontribusi Bagi Masyarakat

Setelah pengukuhan Mabida, dilanjutkan dengan pengukuhan Ketua Kwarda Jateng, Budi Prayitno oleh Ketua Mabida Jateng.

Nana menilai organisasi pramuka memegang peran penting dalam proses pembentukan kualitas generasi bangsa.

BACA JUGA: Pakar Intelijen Sebut Pramuka Pemersatu Bangsa, Jangan Sampai Dibubarkan

Terlebih, Jawa Tengah saat ini sedang mengalami bonus demografi.

“Pramuka adalah suatu organisasi yang sangat penting untuk membina generasi muda, apalagi kita akan menyongsong Indonesia Emas 2045. Jadi, harus kita persiapkan generasi muda kita ini menjadi generasi yang lebih baik," katanya.

BACA JUGA: Buwas Curiga, Penghapusan Pramuka dari Ekskul jadi Upaya Melemahkan Indonesia

Bagi Nana, pramuka juga sebagai mitra pemerintah dalam mencetak generasi muda berkualitas unggul. Oleh karena itu, berbagai kegiatan pramuka perlu diarahkan untuk membentuk kepribadian, dan karakter yang baik. Mereka juga perlu ditanamkan jiwa ksatria dan patriotik agar mencintai bangsa.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar mengapresiasi perhatian Pemprov Jateng terhadap organisasi Pramuka. Tanpa dukungan pemerintah, kegiatan-kegiatan Pramuka tidak berjalan lancar.

"Syukur alhamdulillah Pak Gubernur beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah memberikan bantuan dan perhatian yang sangat luar biasa kepada Gerakan Pramuka Jawa Tengah," ucapnya.

Dia menambahkan pada peringatan Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus 2024 mendatang, akan dilakukan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dan bakti sosial.

Antara lain, memperbaiki rumah tidak layak huni, memberikan bantuan sembako, pengobatan massal, khitanan massal, donor darah dan pembersihan fasilitas umum secara serentak.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler