Nana Sudjana Senang Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 Berlangsung Meriah

Minggu, 04 Agustus 2024 – 18:20 WIB
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat melepas peserta Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com - Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana senang pelaksanaan Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 berlangsung meriah dan diikuti ribuan peserta.

Kegiatan ini digelar setelah sebelumnya Pemprov Jateng sukses menggelar sembilan Sport Tourism Event (Specta) dengan berbagai cabang olahraga (cabor).

BACA JUGA: Hadiri Pelantikan Pengurus PWNU Jateng, Nana Sudjana Ajak Tingkatkan Sinergi

Kompetisi yang berlangsung di Lapangan Tembak Kodam IV Diponegoro, Sigar Bencah, Kota Semarang pada 3-4 Agustus 2024 itu disambut antusisme peserta dan pengunjung.

BACA JUGA: Rekrutmen CASN 2024 di Batang, Formasi untuk PPPK Guru Terbanyak Nih

Tercatat ada 1.430 racer memeriahkan event tersebut. Mereka berasal berbagai dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

"Alhamdulillah, pelaksanaan offroad hari ini berjalan cukup meriah, diikuti sekitar 1.430 racer," kata Nana Sudjana seusai memberi sambutan pada acara Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge  pada Minggu (4/8).

BACA JUGA: 1 Polisi Tewas Diserang Pelaku Penganiayaan, Kanit Pidum Luka Parah, Begini Kejadiannya

Kompetisi offroad tersebut mempertandingkan lima nomor, yakni special competition stage roda 4, country road roda 4, adventure roda 2, adventure roda 4, serta remote control.

Para racer yang bertanding memperebutkan trophy Gubernur Jateng dan tiket kejurnas seri 1 Indonesia Offroad Federation (IOF).

Sejumlah atlet nasional juga turut ambil bagian dalam event tersebut. Mereka ialah Dr Jack dari NTB, Memen Harianto dari DKI, Joko Permana dari DKI, dan Wahyu Lamban dari Yogyakarta.

"Jadi, cukup seru ya, karena ini menantang alam, lokasi ini merupakan daerah perbukitan yang sangat menantang, sehingga ini suatu tantangan bagi para racer, dan diperlombakan ini untuk tingkat racer daerah dan racer nasional," tutur Nana.

Dia berharap penyelenggaraan kompetisi tersebut dapat meningkatkan kualitas para atlet dari amatir menuju profesional. Selain itu, dengan beragam event sport tourism, Jateng dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak potensi wisata unggulan.

Ketika Jateng semakin banyak dikenal, kata Nana, maka UMKM dan ekonomi kreatifnya pun makin tumbuh sehingga bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik.

Sementara itu, Ketua umum IOF Sam Budigusdian menyambut positif Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024 yang digelar Pemprov Jateng.

Dia menilai upaya Pemprov Jateng dalam membumikan sport tourism berbasis komunitas benar-benar terwujud. Terlebih lagi kalangan offroader merupakan kelompok besar yang perlu diberdayakan.

"Mudah-mudahan dari Jawa Tengah ini, provinsi-provinsi lain mengikuti pola-pola yang dikembangkan, salah satunya menggelar event sport tourism berbasis komunitas," harapnya.

Sam juga mengatakan bahwa event Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024, seperti mata air bagi para pegiat sport tourism berbasis komunitas, setelah wabah covid - 19 memaksa untuk menghentikan semua kegiatan.

"Terima kasih sekali lagi kepada jajaran Provinsi Jawa Tengah, Pak Pj Nana Sudjana dengan Pak Pangdam yang memberikan fasilitas tempat bermain yang begitu indah di 200 hektare lahan milik Kodam," ujarnya. (*/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : M. Fathra Nazrul Islam, M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler