NASA Berencana Menangkap Sebuah Asteroid

Senin, 08 April 2013 – 15:54 WIB
LUPAKAN soal bintang jatuh, yang sulit dilihat apalagi dipelajari. Kini Amerika Serikat melalui agensi luar angkasanya, National Aeronautics and Space Administration (NASA), berencana menangkap sebuah asteroid ukuran kecil dan dibawa ke orbit bumi.

Tak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan ambisinya ini, pemerintah Amerika di bawah kendali Presiden Barack Obama, telah menyiapkan anggaran sebesar 100 juta dolar AS di tahun 2014. Dalam rencananya, benda luar bumi itu bisa didapatkan pada tahun 2019 mendatang.

"Ini merupakan konsep cerdas, aseteroid akan diambil dengan pesawat ruang angkasa ke bumi. Kemudian ditarik dan ditempatkan di orbit stabil sekitar bulan" ujar Senator Florida, Bill Nelson dilansir CNN, Senin (8/4).

Rencananya, target asteroid yang dicari berukuran kecil 25 kaki berbobot 500 ton. Jika berhasil, maka asteroid tersebut akan menjadi sampel pertama luar bumi, untuk mencari petunjuk adanya sumber daya baru. Selain itu juga akan dipelajari mengenai tekhnologi dan pengetahuan lainnya.

"Mungkin hasil penelitian juga bisa menunjukan cara terbaik, bagaimana membelokan asteroid dari bumi atau pengembangan teknologi untuk perjalanan ke luar angkasa dan Mars," tambah Nelson.

Sebelumnya, NASA juga berjanji bisa mengirim astronot mereka ke asteroid pada tahun 2021. Kepala Program NASA, Donald Yeomans mengatakan ada ribuan asteroid yang datang ke bumi dan untuk mencari yang cocok bisa dipelajari, akan membutuhkan banyak waktu karena tidak mudah.

Rencana menarik asteroid ke bumi bukanlah usul yang baru muncul. Sebelumnya rencana itu sudah lama dibicarakan, namun ketika terjadi musibah jatuhnya asteroid di Rusia beberapa bulan lalu, rencana itu sempat dibahas kembali. Asteroid yang jatuh di Rusia, melukai lebih dari 1.000 irang dan menyebabkan kerusakan besar.(afz/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Penipuan Kartu Pelanggan Marak di Eropa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler