Nasib tujuh politisi Federal Australia, termasuk Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce, akan diputuskan oleh Pengadilan Tinggi pada hari Jumat (27/10/2017) siang di Canberra.

Politisi yang mendapat julukan ‘Citizenship Seven’ ini menghadapi kemungkinan dikeluarkan dari Parlemen karena status mereka sebagai warga negara ganda pada saat Pemilu terakhir.

BACA JUGA: Australia Latih Tentara Filipina Perang Kota

Pasal 44 (1) dari Konstitusi Australia melarang warga negara asing ikut bersaing dalam Pemilu.

Politisi yang terlibat adalah Barnaby Joyce, wakil pemimpin Partai Nasional Fiona Nash, mantan menteri Partai Nasional Matt Canavan, senator Australia Selatan Nick Xenophon, senator dari Partai One Nation, Malcolm Roberts, dan mantan senator dari Partai Hijau, Scott Ludlam dan Larissa Waters.

BACA JUGA: Pakar Pendidikan Ragukan Masa Depan TAFE di Australia

Pemerintah Australia berpendapat bahwa Wakil Perdana Menteri tidak pernah tahu bahwa dirinya adalah warga negara ganda Australia dan Selandia Baru, dan seharusnya tidak dihukum.

Pengacara Stephen Donaghue QC, yang mewakili Jaksa Agung George Brandis, juga mengemukakan posisi yang sama untuk senator Nash, Canavan dan Xenophon.

BACA JUGA: Wisata Dibalik Layar Sydney Opera House

Mantan senator dari Partai Hijau, tidak membantah bahwa mereka melanggar peraturan, dan mengklaim bahwa rekan-rekan politisi mereka seharusnya juga dikeluarkan.Siapa yang berdebat apa? Anggota Partai One Nation dan Senate crossbencher, Malcolm Roberts.

ABC News: Marco Catalano

Jika Barnaby Joyce dikeluarkan, akan ada Pemilu sela di daerah pemilihannya, New England.

Sebagian besar menyarankan dia akan mampu mempertahankan kursinya, di tengah apa yang kemungkinan akan menjadi kampanye hitam melawan Wakil Perdana Menteri itu.

Para senator yang terlibat akan digantikan oleh perhitungan khusus surat suara Senat tahun lalu.

Pengacara untuk Malcolm Roberts mengklaim bahwa keputusan sang klien untuk tetap duduk di Senat adalah yang terkuat, terlepas dari usahanya yang nyaris konyol dan salah arah untuk memeriksa status kewarganegaraannya dengan pihak berwenang Inggris, setelah dilahirkan di India dari ayah yang merupakan warga Wales.

Sementara itu bagi Scott Ludlam dan Larissa Waters, keputusan tersebut akan menentukan bagaimana mereka digantikan di Senat, karena mereka mengundurkan diri segera setelah mengungkap status mereka sebagai warga negara asing.

Senator Xenophon telah menunjukkan niatnya untuk keluar dari politik federal untuk mencalonkan diri dalam pemilihan negara bagian Australia Selatan pada bulan Maret mendatang.

Ketujuh hakim Pengadilan Tinggi tersebut telah berunding sejak 12 Oktober lalu.

Hakim Agung Susan Kiefel mengatakan kepada para pengacara untuk ketujuh politisi tersebut bahwa pengadilan mengetahui dengan baik perlunya keputusan yang mendesak, namun dia menekankan bahwa dia tidak akan terburu-buru.

Parlemen Federal tidak akan menyelenggarakan sidang pada hari Jumat (27/10/2017). 7 politisi Australia yang tersangkut kasus kewarganegaraan ganda.

ABC News

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seorang Anggota Polri Terbunuh di Dekat Freeport

Berita Terkait