Nasib Indonesia di LCA-AFC Cup Masih Buram

Senin, 20 Juni 2011 – 13:01 WIB
SURABAYA - PT Liga Indonesia belum berani menyebut kuota bagi tim Indonesia Super League (ISL) yang berlaga di kompetisi level Asia musim depanKepastian tim-tim yang berhak melenggang ke Liga Champions Asia atau AFC Cup baru diumumkan oleh Induk Sepak Bola Asia (AFC) November 2011 mendatang.

Oleh sebab itu, PT LI belum berani menyebut tiket LCA atau AFC Cup 2012, meski gelaran ISL 2010-2011 telah berakhir kemarin (19/6)

BACA JUGA: Sanchez Datang, Bojan Hengkang

Tigor Shalomboboy, Coorporate Secretary PT LI menyatakan bahwa sebelum memutuskan kuota tim Indonesia di level Asia, AFC akan terlebih dulu melakukan penilaian pada klub-klub Indonesia.

"Assesment nanti akan dilakukan akhir Juli, jadi hasil assessment itu yang nantinya akan menjadi acuan AFC menentukan kuota tim-tim dari Indonesia," terang Tigor
Dia menjelaskan bahwa aspek penilaian AFC nanti tidak akan jauh dari poin-poin di lima aspek profesional yang selama ini ditekankan PT LI.

Di antaranya, aspek legal, finansial, infrastruktur, personal dan administrasi

BACA JUGA: Sanchez Datang, Bojan Hengkang

"AFC memang tidak membagi aspek penilaian menjadi lima, tapi jika dihubungan dengan lima aspek tadi, semua poin di lima aspek tadi juga akan menjadi penilaian AFC," terang Tigor.

Ada banyak kemungkinan di balik hasil penilaian AFC tersebut
Bisa jadi, peluang Persipura ke LCA 2012 akan hilang jika hasil penilaian AFC merujuk pada penghapusan kuota tim Indonesia di LCA

BACA JUGA: Rusia Dominasi Atlitek Eropa

Atau mungkin, Persija yang tertahan di peringkat ketiga ISL berhak melaju ke AFC Cup"Semua tergantung AFCYang menentukan kuota setiap negara 1 sampai 4 di LCA, atau yang menentukan kualifikasi LCA juga mereka," ujar Tigor.

Selain LCA yang sengaja di desain untuk klub-klub profesional, AFC sejatinya bisa menjadi alternatif kedua utnukberlaga di level Asia"AFC Cup semacam kasta kedua LCASoal kriteria, LCA juga menerapkan yang lebih tinggi ketimbang AFC," papar Tigor.

Pada edisi 2011, Indonesia punya tiga tim yang berkompetisi di level AsiaYakni, jawara ISL 2010 Arema yang langsung melenggang ke fase grup LCA, juara Piala Indonesia 2010 Sriwijaya FC (kualifikasi LCA), serta runner up ISL Persipura di ajang AFC CupSriwijaya akhirnya terlempar ke AFC Cup setelah gagal di kualifikasi LCA.

Di sisi lain, PT LI sendiri belum memastikan apakah akan menghelat Piala Indonesia 2011Soal turnamen lintas divisi itu, PT LI masih mewacanakan"Kalau memang memungkinkan akan kami gelar sekitar September sampai sebelum SEA Games (November)," terang diaJika itu terwujud, PT LI berharap hasil Piala Indonesia sudah muncul sebelum deadline yang ditetapkan AFC.

Tapi jika rencana Piala Indonesia tidak dihelat, bisa jadi PT LI akan merujukkan satu kuota AFC Cup untuk Persija sebagai peringkat ketiga ISLYang pasti, lanjut Tigor, pihaknya akan menginformasikan pada AFC bahwa kompetisi di level Asia sangat penting untuk perkembangan tim Indonesia"Hasil kompetisi saat ini bisa menjadi cerminanPeringkat satu (Persipura) dan dua (Arema) adalah alumni kompetisi di level Asia," tegasnya(uan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbang ke Portugal Demi Pelatih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler