Natal Aman, Polres Jakarta Utara Kebanjiran...

Senin, 26 Desember 2016 – 17:14 WIB
Kapolres Jakarta Utara, Kombes M Awal Chairuddin bersama jajarannya saat memantau keamanan di sejumlah gereja di Jakarta Utara. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Pengamanan persuasif yang dilakukan jajaran Polres Jakarta Utara mulai sepanjang rangkaian perayaan Natal, mendapat apresiasi dari warga Jakarta Utara.

Banjir ucapan ucapan terima kasih dari masyarakat, terutama dari umat Kristiani, berdatangan. Warga senang karena Natal di wilayah hukum Polres Jakarta Utara berlangsung aman dan khidmat.

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Diganjar Sertifikat ISO, Selamat ya..

“Kami mengharapkan suasana kondusif dan aman yang tercipta pada perayaan Natal di Jakarta Utara ini bisa berlangsung hingga perayaan akhir tahun,” ujar salah seorang jemaat di Gereja Stella Maris Pluit, Jakarta Utara, Minggu (25/12).

Ucapan senada disampaikan Auri, jemaat dari Gereja Santo Yakobus Kelapa Gading Jakarta Utara. “Turut menyampaikan terima kasih pada jajaran Polres Jakarta Utara, karena ibadah Natal bisa berlangsung aman dan lancar,” katanya.

BACA JUGA: Mahasiswa Katolik Tersinggung Ucapan Habib Rizieq

Suasana kondusif juga nampak di gereja-gereja lain, seperti di Gereja Kristus Yesus (GKY), Pluit, Jakarta Utara, tempat Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melaksanakan ibadah Natal.

Ahok datang pukul 08.50 WIB, Minggu (25/12). Dia duduk menempati kursi barisan kesepuluh, bersebelahan dengan istrinya Veronica Tan dan putra sulungnya Nicholas Sean Purnama yang memakai kemeja biru. Selama berada di dalam gereja, Ahok terlihat khidmat mendengarkan khotbah dari Pendeta Hasan.

BACA JUGA: Gerindra: Kenapa Polisi Terus Incar Pendukung Aksi 212?

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Utara, Kombes M Awal Chairuddin mengatakan, sebanyak 192 gereja yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara menjadi atensi pengamanan pihak kepolisian.

“Untuk jumlah pengamanan di lapangan mencukupi, bisa di atas 1.000 personel gabungan sesuai kebutuhan dan perkembangan terkini dari kondisi yang ada,” ujar Kombes Awal, saat ditemui di Markas Polres Metro Jakarta Utara, Senin (26/12).

Dari total 192 gereja, ada 37 gereja yang perlu mendapatkan atensi lebih atau memiliki tingkat kerawanan tinggi karena terdapat jemaat dalam jumlah ribuan, serta terdapat publik figur.

“Minimal satu gereja yang ada di Jakarta Utara itu ada delapan hingga sepuluh personel gabungan keamanan, untuk gereja berkapasitas besar juga kami siapkan security checking door bekerja sama dengan pengurus gereja,” tegas Kapolres.

Saat perayaan Natal, Kapolres bersama jajaran terjun langsung untuk melakukan pengamanan. Pada 24 Desember, Kapolres, Wakapolres, kabag Ops, Kasat Reskrim Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Yuldi Yusman, Kasat Intel, bergabung dengan Muspiko ke Gereja Yakobus, Gereja Tongkonan Toraja, Gereja Kim Tai Goon dan Gereja Stella Maris Pluit.

Sedang pada 25 Desember mereka ke Gereja Kristus Yesus dan Stella Maris. "Semuanya berjalan demikian (kondusif), juga berkat kerjasama dengan masyarakat dan instansi terkait,” pungkas Awal.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Netizen Ramai-ramai Doakan Jupe di Hari Natal, Ada Apa?


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler