Nawacita Awards 2024 Segera Digelar, Spirit Trisakti di Era Digital

Sabtu, 07 September 2024 – 14:32 WIB
Ajang penghargaan Nawacita Awards 2024 akan digelar pada 16 September 2024 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Foto: Dok. MNI

jpnn.com, JAKARTA - Ajang penghargaan Nawacita Awards 2024 akan digelar pada 16 September 2024 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Perhelatan yang diadakan oleh Media Nawacita Indonesia (MNI) itu memberikan penghargaan kepada individu dan lembaga yang telah berkontribusi nyata dan mengukir prestasi dalam memajukan nilai-nilai Trisakti di era digital saat ini.

BACA JUGA: Makin Gemilang, JULO Sabet Tiga Penghargaan Asia Fintech Awards 2024

Ketua Dewan Juri sekaligus Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia, Prof Satya Arinanto mengatakan, MNI melibatkan masyarakat dalam proses penjurian.

Menurutnya, penyelenggara memberikan kesempatan untuk mengusulkan para kandidat penerima Nawacita Awards.

BACA JUGA: BRI Insurance Raih Awards 7 Most Popular Brand Of The Year 2024

"Ada masukan masyarakat dan organisasi dan juga ada dari Dewan Juri sendiri berupaya aktif. Istilahnya jemput bola, mengidentifikasi calon-calon yang cocok dari berbagai kriteria," kata Prof Satya Arinanto dalam keterangan resmi, Sabtu (7/9).

Anggota Dewan Juri, Agustus Gea berharap semua penerima tetap menghargai dan konsisten dengan apa yang sudah dilakukan selama ini.

BACA JUGA: Acer Smart School Awards Kembali Digelar di 2024, Dorong AI untuk Kemajuan Pendidikan

"Kelebihan dari Nawacita Awards baik manajemen maupun pembinanya tidak ikut campur urusan Dewan Juri. Artinya Dewan Juri punya kebebasan untuk memilih," jelasnya.

Anggota Dewan Juri, Sarman Simanjorang menjelaskan proses penjurian yang dimulai dari MNI mendata para kandidat penerima Nawacita Awards 2024.

Dewan Juri secara independen kemudian melakukan penilaian dengan melihat rekam jejak para kandidat yang telah disaring dari usulan masyarakat baik langsung maupun melalui media sosial.

"Kemudian juga kami melihat prestasinya, dan karyanya yang sudah bisa kita saksikan sendiri dan dirasakan masyarakat. Setelah itu, kami diskusi siapa-siapa yang menjadi pemenang," beber Sarman.

Komisaris Utama PT Media Nawacita Indonesia Faigiziduhu Ndruru menjelaskan terkait sejarah berdirinya PT Media Nawacita Indonesia.

Dia mengatakan, PT Media Nawacita Indonesia didirikan sejak 2017 yang mempunyai visi untuk membantu dalam menyiarkan seluruh kinerja positif pemerintah, serta melawan hoaks.

"Itulah tujuan Media Nawacita Indonesia, agar kami juga bisa mengambil bagian untuk bermanfaat bagi bangsa. Sehingga berita-berita positif tentang pemerintah itu bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan baik," ucap Faigiziduhu Ndruru.

Meski Nawacita Awards terinspirasi dari Trisakti Bung Karno, tetapi Media Nawacita Indonesia dipastikan tidak terafiliasi dengan partai politik maupun para politisi.

"Media Nawacita Indonesia tetap netral dan pada pemerintahan sampai kapan pun, tetap menjadi media netral," tambahnya.

Komisaris Otoli Zebua menambahkan, Mni memberikan apresiasi Nawacita Awards kepada tokoh yang telah berbuat baik.

"Bukan kepada mereka yang baru merencanakan, bukan kepada yang rindu dan ingin melakukan hal baik, tetapi bagi mereka yang sudah konsisten melakukannya," ucap Otoli Zebua.

Direktur Utama Media Nawacita Indonesia, Beesokhi Ndruru, menyampaikan bahwa Nawacita Awards 2024 yang diselenggarakan langsung oleh Nawacita Event Organizer terinspirasi dari konsep Trisakti yang digagas oleh Presiden Soekarno.

Adapun Trisakti mencakup berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Nawacita Awards 2024 tidak hanya sekadar momen pemberian penghargaan, tetapi juga sebagai momentum untuk merayakan pencapaian bangsa ini dalam menerapkan nilai-nilai Trisakti di tengah tantangan globalisasi dan era digital," tutup Beesokhi Ndruru.

Penghargaan Nawacita Awards 2024 akan diberikan kepada dua kategori utama, yakni 9 individu dan 9 institusi. Selain itu, akan ada satu penghargaan tambahan untuk kategori favorit, yaitu satu penerima favorit dari masing-masing kategori individu maupun institusi.

Dalam rangkaian acara, Nawacita Awards 2024 turut dimeriahkan oleh penampilan dua anak bangsa yang sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui suara emasnya.

Nawacita Awards 2024 juga bakal dihadiri oleh pejabat tinggi negara, tokoh masyarakat, dan figur publik yang berperan penting dalam memajukan Indonesia. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler