Nestle Gandeng Hero Supermarket dan Rekosistem Bikin Fasilitas Waste Station

Rabu, 20 Desember 2023 – 21:30 WIB
Waste Station hasil kerja sama antara Nestle, Hero, dan Rekosistem. Foto: Nestle

jpnn.com, JAKARTA - Mendukung pengelolaan sampah rumah tangga yang lebih optimal, Nestle Indonesia menggandeng Hero Supermarket dan Rekosistem meluncurkan fasilitas Waste Station, sebagai tempat pengumpulan sampah anorganik.

Kolaborasi ith diharapkan dapat menciptakan perilaku bijak yang berkelanjutan, meningkatkan angka daur ulang, serta mendukung pengembangan pengelolaan persampahan di Indonesia.

BACA JUGA: Nestle Dancow Gelar Program ADKSS Bantu Ratusan Ribu Bunda Menyiapkan Anak ke Sekolah

Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Samer Chedid mengatakan pihaknya sangat berkomitmen menciptakan kemasan berkelanjutan atau packaging sustainability.

"Nestle Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan inovasi mengembangkan kemasan berkelanjutan untuk mencapai ambisi 2025. Namun, kami juga percaya bahwa pengembangan ini perlu dilengkapi dukungan terhadap pengelolaan sampah agar kemasan dikelola dengan optimal, sehingga dapat didaur ulang," kata Samer dalam keterangannya, Rabu (20/12).

BACA JUGA: Turut Bantu Penanggulangan Karhutla di Kalbar, Nestle Donasikan Ribuan Masker dan Produk

Dalam mengatasi tantangan persampahan, menurut dia, diperlukan kolaborasi besar untuk dapat saling mendukung dan mengambil peran dari lintas pemangku kepentingan.

"Saya berharap kolaborasi antara industri, ritel, pegiat sampah, dan masyarakat dapat membantu meningkatkan pengelolaan persampahan di Indonesia," tutur dia.

BACA JUGA: Nestle Dancow Gelar Program ADKSS Bantu Bunda Jaga Si Buah Hati

Dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), hampir 40 persen komposisi sampah bersumber dari rumah tangga, 28 persen berasal dari pasar tradisional.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Vinda Damayanti Ansjar mengungkapkan untuk mengurangi beban TPA, perlu upaya pemilahan sampah dari sumbernya, sehingga sampah yang masih memiliki nilai daur ulang dapat dikelola secara optimal.

"Meskipun ini merupakan tantangan tersendiri, saya sangat mengapresiasi sinergi kolaborasi antara Nestle Indonesia, Hero Supermarket, dan Rekosistem dalam mengajak masyarakat untuk memulai kebiasaan memilah sampah, serta menyediakan fasilitas yang mendukung terciptanya perilaku bijak sampah," puji Vinda.

Hal senada disampaikan Direktur Hero Supermarket Hendy, bahwa sebagai perusahaan retail mereka sangat mendukung aksi nyata ini.

"Melalui kolaborasi bersama Nestle dan Rekosistem, kami berharap masyarakat terinspirasi untuk mengurangi jumlah sampah kemasan di TPA, serta lebih peduli terhadap pengelolaan sampah dengan memanfaatkan sampah kemasan tersebut untuk didaur ulang di Hero Supermarket," ujar Hendy.

Program Waste Station nantinya menawarkan rewards berupa poin yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja di Hero.

Setiap kilogram sampah yang disetorkan, akan memiliki nilai poin untuk dikumpulkan lalu dapat ditukarkan apabila sudah mencapai jumlah tertentu.

Sampah dengan kemasan merek Nestle dan Meadows memiliki nilai poin lebih tinggi. Selanjutnya, sampah anorganik yang terkumpul akan dikelola lebih lanjut di fasilitas pemulihan material Rekosistem.

Co-Founder dan CEO Rekosistem Ernest Layman mengungkap Waste Station dinilai dapat menjadi solusi manajemen persampahan yang lebih baik.

"Nantinya, hasil penyetoran sampah di fasilitas Waste Station ini akan dikelola secara optimal untuk dapat didaur ulang," kata Ernest.

Inisiatif Nestle Indonesia dalam pengembangan pengelolaan sampah di Indonesia, tercermin dalam pembangunan 15 fasilitas Tempat Pengolahan Sampah 3R maupun Terpadu (TPS3R/TPST), bermitra dengan 36 pelapak dan pendaur ulang, serta menjadi salah satu pendiri dan anggota aktif dari Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO).

"Dengan berlokasi di supermarket dan dengan rewards yang ditawarkan, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak lagi partisipasi masyarakat, serta di saat bersamaan bisa membantu kegiatan perbelanjaan untuk kebutuhan keluarga," tutup Direktur Sustainability PT Nestle Indonesia, Prawitya Soemadijo. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hero Supermarket Ajak Siswa dan Anak Yatim Piatu Berbelanja Cerdas


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler