Neuro Care Bintaro Resmi Dibuka, Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Otak dan Saraf

Jumat, 06 September 2024 – 14:01 WIB
Peresmian Neuro Care Bintaro. Foto dok KP

jpnn.com, JAKARTA - Gaya hidup modern yang serba cepat dan penuh tekanan seringkali membuat kita mengabaikan kesehatan, termasuk kesehatan otak.

Padahal, organ vital ini berperan penting dalam mengatur segala aktivitas manusia, mulai dari berpikir, mengingat, mengendalikan gerakan, perilaku, bahkan emosi.

BACA JUGA: RS Jakarta Pionir BESS PLUS, Satu Sayatan Kecil, Saraf Kejepit Terhempas

Apabila kesehatan otak tidak terjaga, maka bisa menyebabkan kondisi medis serius, termasuk gangguan neurologi.

Berdasarkan data yang diperoleh Institute for Health Metrics and Evaluation, selama 30 tahun terakhir, kondisi neurologis seperti stroke, penyakit Alzheimer, demensia, serta meningitis telah meningkat secara substansial.

BACA JUGA: 4 Khasiat Rutin Minum Susu Campur Jahe, Bantu Jaga Kesehatan Otak

Bukan hanya karena penuaan, gangguan neurologi ini juga terjadi karena faktor lingkungan dan gaya hidup.

Melihat kenyataan tersebut, Neuro Care by Klinik Pintar hadir untuk memenuhi kebutuhan kesehatan saraf masyarakat di Indonesia dan bertekad untuk terus memperluas layanannya dengan membuka cabang keduanya di Bintaro.

BACA JUGA: Tingkatkan Fungsi Otak dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Peresmian cabang baru ini semakin menegaskan komitmen Neuro Care dalam memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan otak di tengah gaya hidup modern yang semakin kompleks.

Bersamaan dengan peresmian cabang, Neuro Care by Klinik Pintar meluncurkan kampanye “Jaga Otak, Jaga Masa Depan”.

Tak hanya dihadiri para praktisi di bidang neurologi, acara Grand Launching Neuro Care Bintaro by Klinik Pintar turut menghadirkan komika ternama, Pandji Pragiwaksono, yang dikenal sebagai sosok yang cerdas dan kritis.

Pada acara tersebut, Pandji mengungkapkan bahwa dirinya kini lebih aware dengan kesehatan, termasuk kesehatan otak dan saraf.

Bahkan tak jarang beliau membawakan materi standup yang berhubungan dengan isu-isu di dunia kesehatan. Sebab, beberapa tahun lalu beliau telah kerap merasakan sakit dan pegal setelah berolahraga.

“Sebagai seorang publik figur, saya sangat sadar akan pentingnya menjaga kesehatan otak. Dulu, saya merasa fisik dan otak saya aktif di jam 12 malam-3 pagi, tetapi ada satu momen yang akhirnya memaksa saya untuk peduli terhadap kesehatan fisik dan mental, yang tentunya ini juga berkaitan dengan kesehatan otak,” tutur Pandji Pragiwaksono.

dr. Zicky Yombana, selaku Dokter Spesialis Saraf dan Kapten di Neuro Care by Klinik, memberikan penjelasan medis terkait pentingnya menjaga kesehatan otak dan dampaknya apabila kesehatan otak tidak terjaga.

“Menjaga kesehatan otak sangatlah penting karena otak adalah organ luar biasa yang Tuhan ciptakan untuk mengontrol segala aktivitas manusia, mulai dari gerakan, kecerdasan, cara menganalisis, hingga merespons. Dengan demikian, menjaga kesehatan otak berarti menjaga masa depan kita. Ketika seluruh fungsi otak, termasuk kemampuan kognitif dan intelektual berfungsi dengan baik, otak dapat bekerja secara optimal. Hal ini memungkinkan kita untuk meraih masa depan yang cerah, karena otak memiliki peran kunci dalam setiap proses tersebut,” ucap dr. Zicky Yombana.

Menanggapi hal tersebut, Pandji merasa lebih tersadarkan betapa pentingnya kesehatan otak bagi masa depan.

“Kini saya tahu letak investasi saya harusnya ke mana. Perihal layanan saraf, isunya bukan lagi tentang “mahal atau murah”, melainkan nilai jangka panjang yang dapat diperoleh dari layanan tersebut. Karena itu, saya berharap para dokter tidak berhenti membuat konten dan berbagi pengetahuan tentang pentingnya kesehatan saraf dan otak,” ucap Pandji Pragiwaksono.

Sebagai langkah proaktif agar masyarakat menyadari pentingnya kesehatan otak, dr. Zicky bersama tim Neuro Care memiliki kiat khusus.

“Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum menyadari pentingnya kesehatan otak, edukasi mengenai peran penting otak sangatlah penting. Di sinilah Neuro Care hadir. Neuro Care by Klinik Pintar tidak hanya menyediakan layanan kesehatan neurologi komprehensif, tetapi juga menjadikan neurologi sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Kami juga berupaya untuk memberikan edukasi terkait neurologi kepada masyarakat dengan cara yang lebih menyenangkan,” kata dr. Zicky Yombana.

“Kehadiran Neuro Care ini bisa membawa perubahan. Banyak klinik neurologi selama ini terletak di rumah sakit, dan biasanya memiliki prosedur layanan yang rumit dan antrean yang panjang. Di sinilah peran Neuro Care. Klinik kami hadir untuk menawarkan layanan seamless dengan tujuan memberikan layanan neurologi yang lebih baik, lebih mudah diakses, lebih cepat, dan lebih nyaman," lanjut dr. Zicky.


dr. Dea Martasukma Gita Apsari, Sp.N, Kapten Neuro Care Bintaro juga menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Neuro Care agar pasien bisa mendapatkan pelayanan terbaik.

“Ke depannya, kita akan terus meningkatkan pelayanan Neuro Care dengan memfasilitasi pelatihan berkala untuk staf untuk meningkatkan keterampilan dalam menangani pasien, memastikan bahwa peralatan medis dan fasilitas klinik selalu dalam kondisi terbaik, melakukan audit dan evaluasi rutin terhadap pelayanan yang diberikan, dan terus mengembangkan dan menerapkan SOP yang ketat untuk semua prosedur klinik untuk memastikan konsistensi dan kualitas pelayanan,” tutur dr. Dea Martasukma.

Neuro Care membuka klinik pertamanya di Jalan Wijaya, Petogogan, Jakarta Selatan pada bulan Februari 2023. Chief Executive Officer Klinik Pintar, Harya Bimo menjelaskan alasan Neuro Care membuka cabang kedua dalam waktu kurang dari dua tahun.

"Sejalan dengan visi kami untuk menjadi pusat unggulan dalam pelayanan kesehatan neurologi, kami mengambil langkah strategis untuk memperluas jangkauan layanan. Keputusan untuk ekspansi ini karena setengah dari pasien yang datang ke Neuro Care cabang pertama berasal dari luar Jakarta, bahkan ada yang dari luar Pulau Jawa. Tingginya permintaan dari luar Jakarta membuat ekspansi menjadi penting. Kami berharap dapat memberikan kemudahan akses bagi lebih banyak pasien dalam mendapatkan pelayanan neurologis yang berkualitas,” ujar Harya Bimo.

Peresmian ini menandai langkah signifikan dalam upaya Neuro Care untuk memperluas jangkauan layanan kesehatan saraf berkualitas bagi masyarakat, khususnya di wilayah Tangerang Selatan.

Melalui cabang baru di Bintaro, masyarakat kini dapat lebih mudah mengakses layanan konsultasi dan pengobatan yang komprehensif untuk berbagai jenis gangguan saraf, seperti sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, stroke, saraf kejepit, hingga penyakit neurodegeneratif. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler