Nikah Gratis, Belum Punya Pasangan Disediakan, Sangat Palsu

Rabu, 16 Agustus 2017 – 05:34 WIB
Foto: Hoaks

jpnn.com, SURABAYA - Beredar berita hoaks mengenai nikah gratis di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

Kabar hoaks tersebut bisa jadi membuat mereka yang jomblo sempat menaruh harapan. Sebab, dalam kabar nikah gratis itu disebutkan, mereka yang belum punya pasangan akan disediakan.

BACA JUGA: Kadispen Kolinlamil: Waspadai Informasi yang Menyesatkan

Kebanyakan kabar itu tersebar lewat pesan berantai di aplikasi pesan instan. Ada yang berupa teks.

Ada juga yang didesain dalam sebuah poster. Pesan itu berjudul seperti ini, ”Nikah gratis di Masjid Al Akbar Surabaya 25 November 2017”.

BACA JUGA: Hoaks Marak di Kalangan Mahasiswa karena Tak Tuntas Membaca

Ada banyak fasilitas dalam program nikah gratis untuk 300 pasangan itu. Di antaranya, maskawin, rias pengantin, biaya pendaftaran nikah ke KUA, uang saku, dan jamuan hidangan.

Semua biaya ditanggung oleh Tabarru dari Kuwait. Yang belum punya pasangan pun akan disediakan. Yang berminat diminta segera mendaftar ke Masjid Agung Timur No 1 Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60274, dengan membawa fotokopi KTP dan KK.

BACA JUGA: Betapa Jahatnya Pembuat Berita Hoaks

”Sangat hoaks itu. Masak yang nggak punya pasangan akan dicarikan,” kata Humas Masjid Agung Surabaya Helmy M. Noor saat dikonfirmasi kemarin.

Setelah mendapatkan kabar palsu itu, Helmy langsung menangkalnya dengan membuat poster bahwa informasi yang beredar hoaks.

Kabar nikah gratis juga disebar dengan desain poster. Bedanya, dalam poster itu disebutkan nikah gratis dilaksanakan di Hotel Sheraton Surabaya. Tanggalnya sama. Kalimat-kalimat lainnya juga sama.

Hanya tidak ada kalimat, ”Bagi yang belum punya pasangan akan disediakan”. Juga dalam hoaks berbentuk poster tersebut, terdapat contact person yang bernama Haji Maman. Ada tiga nomor ponsel yang diselipkan di sana.

Marketing Communication Executive Sheraton Surabaya Hotel and Tower Hana May Sumampouw mengatakan, tidak ada reservasi dari pihak mana pun terkait kegiatan tersebut.

”Di venue kami, di tanggal yang disebutkan itu tidak ada kegiatan seperti dalam poster itu,” katanya.

Dia juga sudah berupaya mengonfirmasi ke tiga nomor yang disebutkan di poster, namun semuanya tidak tersambung. (gun/eko/c6/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyebar Hoaks Soal Teror di Mapolda Sumut Itu Ternyata Pegawai...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler