Nil Sudah Punya Gambaran

Sabtu, 12 Januari 2013 – 06:48 WIB
Foto: Andri Ginting/Sumut Pos/dok.JPNN
MEDAN-Satu persatu pemain mulai bergabung pada pemusatan latihan timnas Pra Piala Asia 2012 di Medan. Kemarin, empat pemain Semen Padang yang dijadwalkan hadir sudah mengikuti sesi latihan. Total sudah 24 pemain yang bergabung.

Wahyu Wijiastanto, Vendry Mofu, Novan Setya dan Hendra Adi Bayau  sudah mengikuti sesi latihan pagi kemarin. Dengan jumlah pemain yang semakin membaik, pelatih kepala Nil Maizar sudah bisa untuk menggelar simulasi pertandingan internal.

Nil mengaku sudah mulai menemukan kerangka timnya. Namun ia masih akan mengujinya lewat full game internal 2x45 menit hari ini.

"Komposisi pemain, gambaran umumnya sudah ada. Tadi small set game, besok (hari ini)baru full set game internal. Pemain sudah cukup untuk itu," jelasnya.

Namun bagaimana dengan tingkat kelelahan pemain" Apalagi para pemain tiba secara bertahap. Nil mengakui masih dalam tahap pemulihan kondisi.

"Kalau seminggu di awal memang kita masih recondition. Sekaligus saya juga ingin memastikan pemain dari setiap lini. Waktu masih ada sampai 26 Januari mendatang. Ini kan masih tahap latihan," beber Eks Pelatih Semen Padang itu.

Soal strategi, Nil mengaku akan lebih fokus menguatkan pertahanannya. Memahami lawan dengan postur yang lebih baik, Nil coba mengkoordinasikan antisipasi bola-bola atas.

"Tapi yang penting, saya akan mengkoordinasikan pertahanan seperti duel-duel bola atas, karena gol-gol di pertandingan sebelumnya melawan tim dari timur tengah, gol-gol lahir dari bola crossing karena lawan tinggi-tinggi," ujarnya usai memimpin latihan kemarin pagi.

Namun apakah 24 pemain itu sudah cukup? Meskipun secara jumlah sesuai kuota pendaftaran pemain, tetap saja Nil menantikan kehadiran para pemain lain. Apalagi pemusatan latihan di Medan juga dalam tahap seleksi.

"Keinginan kami tentunya semua pemain bisa hadir. Jadi saya pikir kalau misalnya 30 hari atau satu minggu sebelum pertandingan ya kita cari pemain yang lain. Tapi karena waktunya satu jam sebelum tanding bisa saja itu saya bawa pemainnya satu minggu setelah pertandingan. Enggak ada terikat dengan yang kemarin (deadline 13 Januari)," ucapnya.

Soal pendaftaran pemain, Media Officer Timnas, Reza Anggara mengatakan sudah mendaftarkan sejumlah pemain ke AFC. Namun pemain yang sudah bergabung bisa didaftarkan kembali.

"Itu pembaruan saja. Jadi pemain yang sudah didaftarkan sebelumnya bisa didaftarkan (masuk starting line up), satu jam sebelum pertandingan," pungkasnya. (don)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Djohar Ingin Kepatuhan, La Nyala Minta Ketegasan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler