Ninja Xpress Hadirkan Solusi Logistik Terintegrasi, Praktis & Ekonomis untuk Industri Ritel Lewat Ninja B2BR

Kamis, 29 Agustus 2024 – 14:37 WIB
Ninja Xpress menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis melalui layanan Ninja B2BR. Foto: Dok. Ninja Xpress

jpnn.com, JAKARTA - Ninja Xpress sebagai perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia berkomitmen menjadi mitra logistik yang terpercaya.

Hal ini sebagai bentuk dukungan dan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan dinamika industri ritel di Indonesia.

BACA JUGA: Bermitra dengan Ninja Xpress, MHL Fashion Sukses Menembus Pasar Muslim Indonesia

Ninja Xpress dengan fokus utama pada efisiensi operasional untuk mendukung solusi komersil bagi ritel menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka.

Ayo, daftarkan bisnismu sekarang dan buka peluang tak terbatas dengan Ninja B2BR.

BACA JUGA: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food ala Ninja Xpress

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa menyampaikan perkembangan bisnis ritel dapat terlihat dari perkembangan pertumbuhan konsumsi barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Sejalan dengan Suara UKM Negeri Vol III, di mana barang yang paling banyak dibeli pembeli online atau e-shopaholics adalah Food and Beverages.

BACA JUGA: Ninja Xpress Hadirkan Layanan Same Day Delivery sebagai Solusi Bagi Pelaku Usaha F&B

"Melihat salah satu kebutuhan dalam mendukung operasional bisnis ritel yang terletak pada efisiensi pengiriman logistik, Ninja Xpress dengan fokus utama pada efisiensi operasional mendukung solusi komersial menawarkan ekosistem logistik terintegrasi yang komprehensif, dari hulu hingga hilir, membantu perusahaan menjaga kelancaran operasional bisnis mereka,” kata Andi Djoewarsa dalam keterangannya, Kamis (29/8)

Hanya saja, lanjut Andi Djoewarsa, meski memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan, sektor ini masih menghadapi berbagai tantangan.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi perusahaan ritel adalah memastikan ketersediaan stok di toko sekaligus menghindari penumpukan stok di gudang.

Sebuah studi yang dilakukan Harvard Business Review menunjukkan  perusahaan ritel dapat kehilangan hampir setengah dari penjualan yang diharapkan ketika konsumen menghadapi situasi kehabisan stok.

Mengingat kebutuhan dan tantangan tersebut, Ninja Xpress hadir sebagai mitra logistik terpercaya melalui layanan Ninja B2BR (Business-to-Business-Restock) dengan tagline "Antaran Praktis dan Ekonomis" yang bertujuan mengoptimalkan proses pengiriman operasional bagi bisnis ritel.

Dalam hal ini penyebutan antaran praktis didukung kelebihan Ninja Xpress, yaitu:

1. Pengantaran Multi-Parcel hanya dengan satu airwaybill.

2. Proses Multi-drop, yaitu pick up dan pengiriman ke banyak titik dalam satu kali pengantaran.

3. Teknologi Polygon Routing yang membantu memperkirakan waktu pengiriman sesuai SLA yang telah ditentukan sehingga dapat menjaga kualitas produk.

Selain itu, antaran ekonomis didukung oleh kelebihan pengiriman Ninja Xpress yaitu:

1. Customized handling sesuai kebutuhan ritel seperti pengembalian Delivery Order (DO) atau Bukti Kirim Barang yang tidak dipungut biaya tambahan.

2. Hub and spoke, dimana ekosistem logistik Ninja Xpress memungkinkan ritel mempersingkat beberapa step pengiriman per poin sehingga biaya menjadi lebih murah.

VP of Corporate Sales Ninja Xpress Rifani Budi menambahkan Ninja Xpress berkomitmen menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan disesuaikan dengan kebutuhan kliennya.

"Ninja Xpress membantu mereka mengatasi tantangan dalam manajemen stok dan distribusi barang, dan yang pada akhirnya dapat memberikan solusi komersil bagi bisnis klien kami,” tegas Rifani Budi.

Salah satu contoh sukses dari layanan B2BR Ninja Xpress adalah kolaborasinya dengan Kopi Kenangan dalam pengiriman "Cerita Roti".

Tantangan dalam pengiriman roti, seperti menjaga kesegaran dan kualitas produk termasuk juga tantangan penjemputan dan pengiriman barang, dapat teratasi dengan Layanan Ninja B2BR.

Supply Chain Senior Manager Kopi Kenangan Welderson Napitupulu menyampaikan kemitraan Kopi Kenangan dengan Ninja Xpress telah menjadi game-changer bagi operasional logistik pihaknya.

"Dengan pendekatan just-in-time mereka, kami telah melihat transformasi yang luar biasa dalam operasional kami," ungkap Welderson.

Welderson menuturkan sebelumnya jam pick up Kopi Kenangan adalah di jam 6 pagi, di mana pengantaran roti ke outlet dilakukan pada siang menuju sore hari.

Dengan menggunakan Ninja Xpress penjemputan dilakukan pada malam hari saat roti baru jadi, dan pengiriman dilakukan paling lambat jam 12 siang.

"Dalam hal ini, kami dapat memaksimalkan penjualan kami. Selain itu customized solution, seperti pengembalian tray setelah roti diantarkan juga dapat membantu kami menjaga biaya operasional pengiriman kami," tuturnya.

Dalam kerja sama dengan Kopi Kenangan, Ninja Xpress memastikan roti diantarkan mulai pukul 6 pagi setiap hari ke 188 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek dalam waktu 4-6 jam dan saat ini berhasil mencapai Service Level Agreement (SLA) hingga 95 persen.

Tak hanya itu, Ninja Xpress juga terus menjaga kualitas pengiriman, yang terbukti dengan rendahnya damage rate atau kerusakan yang timbul dalam pengiriman Food category.

Pada akhirnya, kerja sama ini membantu Kopi Kenangan mempertahankan kesegaran produk dan opportunity bisnis.

Tidak hanya logistik terintegrasi yakni Ninja B2BR, Ninja Xpress juga menawarkan berbagai solusi, termasuk Ninja Fulfillment, untuk mendukung layanan pergudangan, meminimalkan biaya penyimpanan inventaris, dan menyediakan tenaga profesional untuk manajemen gudang.

Informasi lebih lanjut mengenai Ninja B2BR, hubungi Cendana/0878-7924-4170. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler