NOC Indonesia Serukan Tagar #StandforIndonesianSport

Sabtu, 01 April 2023 – 14:11 WIB
Acara buka puasa NOC Indonesia bersama 67 cabang olahraga di kawasan SCBD, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari bersama 67 cabang olahraga anggota menyerukan tagar #StandforIndonesianSport.

Hal itu adalah pernyataan sikap atas semangat Olympism yang mengajarkan tidak boleh ada diskriminasi di olahraga dalam piagam Olimpiade.

BACA JUGA: Jokowi Dapat Predikat Bapak Olahraga Indonesia, Presiden NOC Ungkap Alasannya

Menurut Raja Sapta Oktohari politik sejatinya harus dipisah dari olahraga. Ke depannya tidak boleh ada lagi diskriminasi karena hal itu tidak seusai dengan semangat Olympism.

“Olahraga harus dipisahkan dengan politik. Tidak boleh ada diskriminasi karena DNA Olimpiade adalah tidak ada diskriminasi."

BACA JUGA: NOC Indonesia Siap jadi Penyambung Aspirasi Federasi ke Kemenpora

"Semangat Olympism harus disuarakan kepada seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Okto dalam rilis tertulis.

Okto menambahkan pondasi yang diajarkan oleh Bapak Olimpiade Pierre de Coubertin yakni Olimpiade bukan sekadar menang atau kalah. 

BACA JUGA: NOC Indonesia dan IADO Jalin Kerja Sama, Sosialisasi Anti-Doping Makin Gencar

Di dalam partisipasi karena hakikatnya Olimpiade ini mengajarkan nilai-nilai yang lebih penting seperti friendship, respect, excellence, dan sportivitas yang dinilai bisa dapat membawa perdamaian.

Atas semangat tersebut, NOC Indonesia mengkampanyekan tagar #StandforIndonesianSport.

"Para Ketum National Federation yang hadir dari cabang Olympic dan Non-Olympic semuanya sepakat bahwa olahraga di indonesia harus dijalankan tanpa diskriminasi. Kami memiliki hastag StandForIndonesianSport,” tambah Okto

Presiden Joko Widodo sendiri sejatinya sudah mendukung bahwa olahraga harus terus ditingkatkan untuk mengangkat harga diri bangsa.

Tidak heran Indonesia berniat menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 yang berlangsung di Ibu Kota Nusantara.

"Presiden IOC Thomas Bach yang mendapat undangan langsung di G20 memuji langsung Presiden Joko Widodo yang mendukung netralitas dalam olahraga serta Olimpiade dapat menyatukan perdamaian dunia,” pungkas Okto.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler