Non Kader Boleh Ikut Konvensi Capres Demokrat

Senin, 08 April 2013 – 12:47 WIB
JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa mendukung gagasan Ketua Majelis Tinggi yang juga Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengenai perlunya partai tersebut menjaring nama-nama calon presiden (capres) lewat konvensi.

Namun demikian ia mengaku belum mengetahui apakah model konvensi aplikatif atau tidak.

"Nanti kita lihat apakah ide yang bagus itu, gagasan yang bagus itu bisa aplikatif dalam proses rekrutmen atau menjaring calon presiden," ujar Saan Mustopa di gedung DPR, Jakarta, Senn (8/4).

Nantinya sambung Saan, akan dirancang model konvensinya seperti apa yang tepat. Apakah hanya di level struktur partai, atau melibatkan seluruh kader.

"Kala upun di level struktur partai itu sampai mana apakah sampai DPC atau hanya di tingkat DPD atau sampai di level PAC atau melibatkan kader partai anggota PD," kata dia.

Saan menjelaskan, kalau melibatkan anggota PD mereka harus mempunyai Kartu Tanda Anggota (KTA) terlebih dahulu.

"Tentu ketika digelar pasti ada model, apakah seperti di Amerika digelar di semua daerah provinsi. Tapi yang bisa milih itu mereka tunjukan KTA Demokrat. Atau sekali lagi itu di level struktur partai saja," terang dia.

Namun demikian, dia mengatakan bahwa model konvensi bisa menjaring capres dengan cara yang lebih demokratis dan kemungkinan akan mendapatkan capres yang legitimate serta lebih kuat.

"Jadi kita tunggu saja perkembangannya, model-model rekrutmen capres seperti apa. Selama ini kan kita mengandalkan survei, apakah cukup atau tidak," terang Saan.

Untuk konvensi kata Saan, calonnya bisa dari kader atau non kader. "Kalau itu kader dan non kader tidak masalah. Kita dari dulu tidak dikotomikan apakah kader atau non kader. Itu tidak masalah buat kita," kata dia.

Saan membantah bahwa dengan melakukan konvensi karena partai berlambang segitiga mercy tersebut kekurangan kader. Sebab menurutnya, Demokrat mencari nama yang terbaik untuk memimpin bangsa.

"Oh enggak lah kita kan selalu mencari terbaik dalam memimpin bangsa ini, mau di dalam atau di luar yang penting terbaik itu yang kita cari," tandasnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaring Capres Lewat Konvensi, Demokrat Tuai Pujian

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler