Novel Baswedan Tanggapi Hoaks Anies Punya Perkara di KPK

Kamis, 10 Oktober 2019 – 08:28 WIB
Novel Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik senior KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Novel Baswedan menanggapi kabar hoaks yang menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang punya perkara korupsi yang ditangani oleh lembaga antirasuah itu.

Novel memastikan KPK tidak pernah menanangi kasus yang melibatkan Anies Baswedan. "Pak Anies itu tidak pernah ada kasus di KPK," ujar Novel, di Jakarta, Rabu (9/10).

BACA JUGA: Begini Kata Anies Baswedan soal Kasino di Apartemen Robinson

Novel menanggapi beredarnya foto hitam putih yang memperlihatkan dirinya duduk dengan Anies Baswedan di sebuah masjid seusai salat. Namun, foto tersebut dinarasikan bahwa seolah-olah Novel tengah menangani perkara korupsi Anies.

Novel Baswedan memastikan hingga saat ini Anies tidak memiliki perkara korupsi di KPK. Namun demikian, kata dia, bisa saja orang nomor satu di DKI Jakarta itu dilaporkan oleh masyarakat terkait sebuah kasus.

BACA JUGA: Berita Duka, Wanita yang Memanggil Anies Baswedan dengan Bang Acit Itu Meninggal

"Bahwa orang dilaporkan, banyak orang dilaporkan. Kita tidak perlu sebut satu per satu. Jangankan pejabat, Pak Jokowi pun dilaporkan dulu ke KPK kasus Transjakarta, tapi kan konteksnya KPK kemudian tidak melihat itu sebagai perkara, belum dilihat sebagai masalah," ujar Novel.

Dijelaskan, pertemuan dirinya sebagai penyidik KPK dengan orang-orang yang masih berstatus terlapor tidak memiliki masalah. Masalah baru timbul saat dia melakukan pertemuan dengan orang yang tengah diperiksa KPK dalam sebuah kasus atau perkara.

BACA JUGA: Heran, KPK Kok Mendiamkan Kasus yang Menyeret Nama Anies Baswedan

"Tapi, kalau dengan Pak Anies, Pak Anies tidak pernah ada masalah. Tidak pernah ada penyelidikan terkait dengan hal yang berbau dengan Pak Anies. Jadi saya kira bertemu dengan Pak Anies sebagai saudara biasa saja," kata dia.

Novel menjelaskan bahwa foto tersebut diambil pada tahun 2017 ketika dirinya tengah dirawat inap di sebuah rumah sakit di Singapura, setelah diserang orang tak dikenal dengan air keras.

Saat itu, kata Novel, Anies menjenguk di rumah sakit menjelang masuknya waktu Salat Ashar.

"Waktu itu Pak Anies nengok saya, berbincang di rumah sakit, saya di kamar perawatan. Ketika masuk waktu salat saya dan Pak Anies ke tempat salat. Saya kira itu wajar," kata Novel. (Antara/jpnn)

Video Wiranto Ditusuk Orang Tak Dikenal:

 


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler