NSA Sadap Jaringan Huawei

Minggu, 23 Maret 2014 – 22:04 WIB
Badan intelijen nasional Amerika NSA dikabarkan menyusup ke dalam jaringan perusahaan telkom dan internet China, Huawei. Getty Images

jpnn.com - NEWYORK -- Badan intelijen nasional Amerika NSA dikabarkan menyusup ke dalam jaringan perusahaan telkom dan internet China, Huawei. Kabar itu mencuat setelah harian New York Times dan surat kabar Jerman Der Spiegel melansirnya berdasarkan dokumen Edward Snowden.

Menurut Usatoday, NSA berhasil mengakses arsip email Huawei, komunikasi antara pejabat-pejabat tinggi perusahaan, sejumlah dokumen intern, dan bahkan kode-kode rahasia sejumlah barang buatan Huawei.
 
"Kami berhasil mengumpulkan demikian banyak data dan kami belum tahu bagaimana memanfaatkannya,” kata sebuah dokumen intern NSA yang dikutip Der Spiegel.

BACA JUGA: Inilah Rekor Paling Lama Berbicara Lewat Telepon

NSA sendiri disebut mulai menargetkan Huawei pada awal 2009. Operasi itu dilakukan bersama CIA , FBI dan pejabat Gedung Putih. Salah satu tujuannya adalah untuk mencari bukti keterlibatan pemerintah China dalam spionase.

Pada 2012, Komite Intelijen Dewan AS merekomendasikan bahwa Huawei akan dilarang melakukan bisnis di Amerika Serikat.  Hal ini dipicu kekhawatiran Badan Intelijen China mengutak-atik jaringan komunikasi Amerika .

BACA JUGA: NASA Berhasil Ciptakan Peta Digital 3D Bimasakti

Huawei yang berkantor di Shenzhen adalah salah satu pemasok peralatan jaringan besar di dunia dan penjual telepon pintar ketiga terbesar. Di sisi lain, Huawei pesaing berat bagi Cisco System milik Amerika. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Alasan Apple tak Tingkatkan Sensor Kamera

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panjang TV Ini Menyamai Pesawat Boeing 767


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler