Nurburgring Bukan Kandang Vettel

Jumat, 22 Juli 2011 – 21:06 WIB
NURBURGRING - Akhir pekan ini, Formula 1 tepat menjalani balapan pertengahan musim, yaitu yang kesepuluh dari 19 balapanSembilan balapan awal musim ini menyuguhkan dominasi tim Red Bull-Renault beserta pembalapnya Sebastian Vettel.

Kebetulan, grand prix kesepuluh musim ini berlangsung di Jerman, negeri asal Vettel yang memimpin klasemen pembalap

BACA JUGA: Venezuela Berharap Lolos PD 2014

Vettel menjalani awal musim terbaiknya.

Dalam sembilan balapan tersebut, Vettel selalu mencapai podium
Enam di antaranya berbuah kemenangan

BACA JUGA: Hat-trick Ronaldo dalam Sembilan Menit

Hasil tersebut membuat Red Bull kukuh sebagai pimpinan klasemen kategori konstruktor.

Tambahan enam kemenangan itu membuat Vettel sudah memenangi 16 balapan
Tapi, Sirkuit Nurburgring seperti memberi nasib sial bagi Vettel

BACA JUGA: Dapat Tawaran Pemain Brasil

Dalam koleksi kemenangannya di F1, tak satu pun didapatnya di Nurburgring.

"Satu dari sekian banyak target pribadi seorang pembalap Formula 1 adalah memenangkan balapan di negerinya sendiriTentu saja, Anda akan memberikan seratus persen kemampuan, tapi balapan di kandang sendiri selalu membuat makin termotivasi, tentu karena Anda merasa di rumah sendiri," ujar Vettel seperti dikutip ESPNF1.

Hanya ada empat pembalap yang bisa memenangkan balapan di negaranya sendiriDari jumlah tersebut, hanya dua yang mampu melakukannya lebih dari sekali.

Pembalap Jerman Michael Schumacher, yang kini memperkuat Mercedes GP, menang sembilan kali di Jerman, baik di Hockenheim atau di NurburgringPembalap Brazil Felipe Massa yang masih bersama Ferrari, menang dua kali di GP Brazil.

Di musim 2011, ada enam pembalap alias seperempat dari seluruh pembalap reguler F1, berasal dari JermanSelain Vettel dan Schumacher, masih ada Nico Rosberg (Mercedes GP), Nick Heidfeld (Lotus Renault GP), Adrian Sutil (Force India-Mercedes) dan Timo Glock (Virgin Cosworth).

Itu berarti, selain Schumacher, lima pembalap lainnya bertarung merebut kemenangan perdana di tanah Jerman, akhir pekan iniTapi, lagi-lagi nama Vettel menjadi yang terdepan di antara merekaUkurannya jelas, sulit mengalahkan Red Bull di sirkuit mana pun.

Selain itu, pelajaran berharga harus dipetik Red bull dari balapan sebelumnya yang berlangsung di Silverstone, InggrisKelalaian Red Bull saat pitstop berharga mahalPembalap Ferrari Fernando Alonso merebut dominasi Vettel dan rekannya Mark Webber, dan mempertahankan keunggulan itu untuk meraih kemenangan perdana untuk Ferrari musim ini.

Di GP Jerman tahun lalu, yang berlangsung di Hockenheim, Ferrari juga dominanTim Kuda Jingkrak finis 1-2, diiringi kontroversi team order Massa yang memberi jalan kemenangan untuk Alonso.

Terlepas dari itu, Alonso tetap menjadi salah satu favrit untuk akhir pekan iniSelain karena performa Ferrari yang makin bagus, Juli adalah bulan baik bagi AlonsoDia meraih lima kemenangan dari 27 kemenangan di F1Alonso juga punya memori manis di NurburgringPembalap Spanyol itu menang dua kali, yaitu pada 2005 dan 2007(ady/diq)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Krisis Striker Hantui PSM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler