Nutrisi Makmur! Solusi Gus Ipul-Puti Buat Kesehatan Ibu-Anak

Rabu, 30 Mei 2018 – 21:47 WIB
Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (topi putih) saat mengunjungi kaum perempuan di Banyuwangi. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Ribuan kaum perempuan di Banyuwangi, mendapat pemaparan program Nutrisi Makmur dari calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Rabu (30/5).

Dalam kunjungan di sejumlah titik yang didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Gus Ipul menyatakan, kesehatan ibu dan anak menjadi fokus yang bakal diprioritaskan.

BACA JUGA: Ditemani Anas, Gus Ipul Temui Kelompok Perempuan Banyuwangi

“Nutrisi Makmur adalah program pendampingan ibu hamil hingga bersalin, sampai bayi lahir dan tumbuh kembangnya kami pastikan berjalan baik,” ujarnya.

Program tersebut menyempurnakan apa yang sudah berjalan selama ini. “Jadi didampingi, ada petugas khusus. Kami mengonsolidasikan seluruh pemangku kepentingan, mulai Puskesmas, kader kesehatan, kampus-kampus dengan jurusan yang relevan untuk mendampingi ibu hamil. Kita siapkan anggarannya,” kata Gus Ipul.

BACA JUGA: Bawaslu Pantau Takjil dan Bantuan Ramadan dari Paslon

Pria kelahiran Pasuruan berusia 53 tahun ini menyatakan, ada nutrisi gratis ibu hamil dan bayi. Ibu hamil didampingi sejak awal masa kehamilan hingga bayi lahir dan tumbuh. Mulai dari asupan nutrisi ibu saat hamil, pemeriksaan rutin ibu hamil, sampai dengan monitoring asupan ASI eksklusif pada bayi, semua didampingi.

Balita pun diberi asupan makanan tambahan untuk antisipasi gizi buruk. “Ada Kartu Nutrisi Makmur, tidak boleh ibu hamil dan bayi-bayi di Jawa Timur kesulitan mengakses makanan bergizi,” ujarnya.

BACA JUGA: El Clasico Pilgub Jatim: Gus Ipul Unggul Tipis dari Khofifah

Gus Ipul dan calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno pun menyiapkan pendampingan layanan pranikah dengan melibatkan berbagai institusi dan komponen, terutama berfokus pada peningkatan derajat kesehatan calon pengantin perempuan (CPP).

Dengan memperbaiki derajat kesehatan CPP, diharapkan derajat kesehatan ibu pada masa sebelum hamil (masa prakonsepsi) akan terjaga sehingga dapat melahirkan dengan sehat.

Untuk mewujudkannya, Gus Ipul bakal memperkuat pelibatan ahli kesehatan masyarakat di tiap desa/kelurahan.

Selain dengan tenaga yang ada saat ini, Pemprov Jatim ke depan bekerja sama dengan kampus-kampus untuk menugaskan mahasiswanya ke desa-desa guna mendukung upaya promotif dan preventif kesehatan. “Ada perjanjian khusus/MoU dengan kampus-kampus, tentu disiapkan alokasi dananya oleh Pemerintah Provinsi Jatim,” ujar Gus Ipul.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan, program Gus Ipul-Puti sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Gus Ipul-Puti juga menyediakan skema khusus jemput bola untuk merawat warga miskin yang sakit, mengirim ribuan dokter ke desa-desa serta daerah yang susah dijangkau seperti kepulauan di Madura,” papar Anas yang sedang cuti untuk berkampanye.

Menurut Anas, dengan memilih Gus Ipul-Puti akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. “Apalagi Gus Ipul dan Mbak Puti sudah menyiapkan sistem pelaporan online dari masyarakat kepada petugas kesehatan terhadap kasus kesehatan masyarakat di lingkungannya. Jadi nanti pelayanan kesehatan pasti oke. Maka saya merekomendasikan, tidak usah ragu, coblos nomor 2, Gus Ipul-Mbak Puti 27 Juni mendatang,” pungkas Anas. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dampak Maklumat Kiai Nawawi-Putra Mbah Hamid Buat Gus Ipul


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler