Nyaris 50 Ribu Pemudik Naik Kereta Api dari Jakarta

Kamis, 14 Juni 2018 – 17:31 WIB
Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri 1439 H tinggal hitungan jam. Para pemudik pun mulai mempersiapkan diri agar sampai di kotanya sesegera mungkin. Begitu pula dengan pemudik yang akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Senior Manager Humas Daop 1, Edy Kuswoyo mengatakan H-1 menjelang Lebaran sebanyak 45.448 pemudik dari Jakarta akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

BACA JUGA: Kereta Sleeper Diyakini Bakal jadi Tren

"Keseluruhan keberangkatan Kereta Api dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir kurang lebih ada 45.448 penumpang, dari pagi hingga malam hari," ujar Edy kepada JawaPos.com, Kamis (14/6).

Edy menjelaskan ada 34 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, semuanya terdiri dari 26 Kereta Api Reguler 8 Kereta Api Tambahan dengan mengangkut sekitar 25.097 penumpang.

BACA JUGA: Hanya Tersedia 18 Seat, Intip Mewahnya Kereta Sleeper

"Untuk Stasiun Gambir keberangkatannya ada 45 Kereta Api, yang terdiri dari 32 Kereta Api Reguler dan 14 Kereta Api Tambahan dengan volume penumpang kurang lebih 19.960 penumpang," terang Edy.

Untuk diketahui, Edi sempat menyampaikan jumlah penumpang mulai dari H-7 hingga H-1 lebaran akan tetap sama, tidak ada penurunan atau peningkatan yang signifikan.

BACA JUGA: Pemudik yang Menumpang di Bak Mobil Pasti Ditindak

"Prediksi sampai tanggal 14 Juni masih ramai, di Stasiun Gambir volume masih berkisar 19 ribu penumpang per hari dan Stasiun Pasar Senen juga masih berkisar 24 ribu penumpang," tuturnya.

Dirinya menegaskan tidak ada puncak atau lonjakan penumpang seperti yang terjadi di Lebaran tahun sebelumnya. Dikarenakan, sistem penjualan tiket sesuai dengan jumlah tempat duduk. (rgm/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ustaz HNW Harapkan Keselamatan Pemudik Jadi Prioritas


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
mudik   kereta api   Jakarta  

Terpopuler