Oh Ternyata, Lurah Petamburan tak Tertular Covid-19 di Acara Maulid Nabi dan Pernikahan Anak Rizieq

Kamis, 19 November 2020 – 13:19 WIB
Lurah Petamburan, Setiyanto (ANTARA/Livia Kristianti)

jpnn.com, JAKARTA - Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu menegaskan, Lurah Petamburan Setyanto terjangkiti Covid-19 bukan karena tertular saat berlangsungnya acara pernikahan putri Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kedua acara itu diketahui digelar di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (14/11).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Habib Luthfi Tunda Maulid, Saksi Pernikahan Putri Rizieq Kena Covid

"Pak lurah itu positif bukan karena acara pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW di Jalan Petamburan III. Jadi jangan berburuk sangka," kata Yassin saat dihubungi jpnn, Kamis (19/11).

Sebab, kata dia, Setyanto tidak memasuki arena dua acara itu. Selama acara berlangsung, Setyanto bersama Yassin memonitor kegiatan pernikahan dan maulid nabi dari kejauhan.

BACA JUGA: Ini Penjelasan Polri soal Pemeriksaan Terhadap Rizieq Shihab, Bisa jadi Kasus Pidana?

"Kami melihat ke jalan. Jalan KS Tubun, tetapi enggak ke lokasinya. Melihat bagaimana kondisinya," ujar dia.

Selain itu, kata dia, Setyanto menjalani pemeriksaan tes swab pada Selasa (17/11). Di sisi lain acara pernikahan dan maulid nabi berlangsung Sabtu pekan lalu.

BACA JUGA: Lurah Petamburan Setyanto Positif Covid-19, Seluruh Pegawai Bakal Jalani Tes Usap

Menurut dia, terdapat masa inkubasi paling cepat sepekan, ketika seseorang terjangkiti Covid-19. Mengacu kalkulasi itu, kata dia, Setyanto tertular Covid-19 bukan karena acara pernikahan dan maulid nabi yang dihadiri lautan manusia.

"Acara itu, kan, Sabtu malam Minggu. Hari Selasa kami dipanggil Ditreskrimsus (Polda Metro Jaya, red), di situ dia ketahuan reaktif pada saat swab gen. Nah, dia reaktif kemudian di PCR, hasilnya positif. Nah, itu, kan, ada masa inkubasi. Paling cepat itu tujuh hari. Kenapa dia kena saya tidak. Kan, begitu. Saya tidak masalah, saya sehat," timpal dia.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono memastikan Lurah Petamburan Setyanto positif terpapar Covid-19 setelah dilakukan swab test di Laboratorium Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Rabu (18/11). 

“Hasil Swab PCR laboratorium RS Polri Kramat Jati, Rabu, 18 November 2020, saudara Setyanto dinyatakan positif Covid-19,” ujar Argo.

Argo menuturkan, sebelum dibawa ke RS Polri, Setyanto dites swab antigen saat ingin dimintai klarifikasi oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Selasa (17/11), terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara pernikahan anak Habib Rizieq Shihab di Petamburan.

Ketika swab antigen, Setyanto dinyatakan reaktif Covid-19, yang kemudian dibawa ke RS Polri.

“Selanjutnya, Tim Dokes dan Aggt Subdit Kamneg, membawa yang bersangkutan ke RS Kramat Jati untuk dilakukan swab PCR,” sebut Argo. 

Jenderal bintang dua ini menuturkan, Setyanto positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler