Oknum Polwan Diduga Terpapar Paham Radikal Diterbangkan ke Maluku

Rabu, 29 Mei 2019 – 00:34 WIB
Polwan diamankan Polda Jatim. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Oknum polwan anggota Ditreskrimum Polda Maluku Utara yang disebut-sebut terpapar paham radikal akhirnya dipulangkan.

Senin (27/5), polwan berinisial NOS dan berpangkat brigadir dua (bripda) itu diterbangkan dari Surabaya menuju Maluku.

BACA JUGA: Sstt...Dua Polwan ini Dicurigai Telah Terpapar Paham Radikalisme

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera menyatakan, yang bersangkutan sudah dijemput anggota Polda Maluku Utara sekitar pukul 15.00. Namun, dia tidak tahu jam berapa pesawatnya berangkat.

Sebab, yang bersangkutan bukan anggota Polda Jatim. Bripda NOS menjadi wewenang Polda Maluku Utara. ”Kita hanya membantu mengamankan saja, hanya meminjamkan ruangan,” tuturnya.

BACA JUGA: Pemimpin Protestan dan Katolik Maluku Minta PSI Teruskan Perjuangan

Barung juga tidak mau berkomentar terkait status bripda NOS yang disebut-sebut terpapar paham radikal. Menurut Barung, itu seharusnya ditanyakan ke Polda Maluku.

BACA JUGA: Jenderal Tito Sebut Nama 4 Tokoh Nasional yang jadi Target Pembunuhan

BACA JUGA: 38 Tahun Hilang, Lebah Raksasa Ditemukan di Hutan Maluku

”Jangan ada kata radikalisme, kita tidak mau menyebut itu radikal atau tidak. Itu nanti dikembalikan ke Polda Maluku (Utara, Red). Nanti biar sana yang menentukan,” jelasnya.

Seperti diketahui, seorang anggota Polda Maluku Utara diamankan petugas protokol bandara Juanda Minggu siang (26/5). Petugas mendapat informasi ada penumpang dari Maluku yang terpapar paham radikal. Yang bersangkutan datang menggunakan identitas palsu atas nama Arfila M. Said.

Barung sempat membenarkan informasi tersebut. Informasi itu didapat dari hasil koordinasi dengan Polda Maluku Utara. Namun, perwira dengan tiga melati di pundak itu mengembalikan semuanya ke Polda Maluku Utara.

BACA JUGA: Gugatan Prabowo - Sandi Bergulir di MK, Ini Ada Saran dari Bang Emrus

Yang jelas, yang bersangkutan sudah tidak di Mapolda Jatim sejak Senin pukul 15.00 sore.. ”Kalau soal radikal atau tidak, lebih baik ditanyakan langsung kesana (Polda Maluku, Red),” katanya. (adi/oni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bripka MP, Ajudan Sang Pejabat Ini Diringkus Lantaran Seludupkan Narkoba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler