OKP Rawan Disusupi Kepentingan Cabup

Ketua KPUD Kabupaten Tangerang Juga Jabat Ketua Karang Taruna

Jumat, 09 Maret 2012 – 08:52 WIB
TANGERANG - Aksi dukung mendukung kandidat jelang Pemilukada Kabupaten Tangerang mulai marak terjadi. Dampaknya, membuat organisasi kepemudaan (OKP) rawan disusupi kepentingan kandidat calon bupati (cabup). Apalagi para ketua organisasi kepemudaan itu diantaranya diduduki pejabat politis dan publik.

Sebut saja, Ketua KNPI Kabupaten Tangerang dijabat Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang Muhlis. Selanjutnya, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang juga dijabat oleh Ketua KPUD Kabupaten Tangerang, Jamaludin

Pengamat Politik Universitas Islam Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah Zaki Mubarak mengaku sudah melihat gelagat ketidaknetralan OKP. Apalagi, kepentingan para kandidat cabup sangat besar terkait pencitraan. Salah satu elemen yang bisa dijadikan media pencitraan, melalui jaringan OKP. ”Idealnya, organisasi kepemudaan netral,” ujarnya kepada INDOPOS (JPNN Grup).

Selain itu peluang dukung mendukung cagub juga bakal dilakukan organisasi kepemudaan di bawah organisasi keagamaan. ”Karena itu komitmen untuk netral harus dijaga. Jangan sampai masyarakat menilai minor atas sikap OKP ini,” cetus Zaki juga.

Menyikapi itu, Ketua KNPI Kabupaten Tangerang Muhlis berjanji netral. Meskipun ada beberapa nama bakal Cabup Tangerang berasal dari KNPI, pihaknya tidak akan menjual lembaga kepemudaan tersebut. Ditegaskannya, meski dirinya berasal dari PDIP dan ada cabup dari partainya tapi dia menjamin KNPI Kabupaten Tangerang netral.

”Dalam rapat kerja kami putuskan, KNPI netral. Kalaupun mau mendukung cagub itu atas nama pribadi,” terangnya.

Senada diungkapkan Sekretaris  Karang Taruna Kabupaten Tangerang Hamdan Bagaskara. Walau organisasinya dipimpin Ketua KPUD Kabupaten Tangerang, tapi dia menjamin lembaganya akan bersikap netral. ”Kami netral. Apalagi ketua kami menjabat juga di lembaga penyelenggara pemilu,” cetusnya. (kin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Parpol Nonparlemen Merapat ke Gerindra

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler