Okto: Pak Menpora Amali Memang Pantas Menyandang Gelar Profesor

Sabtu, 20 Agustus 2022 – 14:30 WIB
Menpora Amali saat dikukuhkan menjadi profesor kehormatan oleh FIK UNNES. Foto: Youtube UNNES

jpnn.com - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari memberikan ucapan selamat kepada Menpora Zainudin Amali yang meraih gelar Profesor Kehormatan dalam Ilmu kebijakan olahraga (sport policy) dari Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Dalam acara yang digelar di Prof Wuryanto UNNES Semarang, Sabtu (20/8/2022), Okto menilai bahwa Menpora Amali layak untuk mendapatkan gelar tersebut seusai Kemenpora meraih beberapa penghargaan.

BACA JUGA: Jawaban Komjen Agung ke Kompolnas Soal Uang Rp 900 Miliar di Rumah Ferdy Sambo, Hmmm

Beberapa penghargaan di bawah kepemimpinan Menpora Amali di antaranya mengelola keuangan dengan baik. 

Faktanya, Kemenpora mendapat gelar predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) selama tiga tahun berturut-turut. Hal tersebut yang pada periode sebelumnya belum pernah dicapai oleh menteri sebelumnya.

BACA JUGA: Klasemen Liga 1 2022/2023 Seusai Persebaya Kalah 1-2 dari Borneo FC

"Kemenpora di bawah Menpora Amali mencatat hattrick WTP dalam laporan keuangan yang 10 tahun sebelumnya tidak pernah tercapai," ungkap Okto dalam rilis tertulis.

Tidak hanya itu selama di bawah kepemimpinan Menpora Amali lahir Undang-undang Keolahragaan Nomor 11 tahun 2011 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menargetkan prestasi tingkat dunia dan menjadikan SEA Games dan Asian Games sebagai sasaran utama.

"Lahirnya UU Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 merupakan prestasi luar biasa. Hal itu sebagai bukti bahwa pemerintah telah hadir dalam mendukung pembinaan olahraga yang lebih terarah dengan mengutamakan prestasi dunia dan Olimpiade," tegas Okto.

Ucapan selamat juga mengalir untuk Menpora Amali disampaikan Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) dan Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI). 

Diharapkan dengan pemberian gelar ini mampu memberikan atensi lebih dalam membangun olahraga Indonesia lebih berkembang lagi.

"Bang ZA memang pantas menyandang gelar Profesor atas perhatian dan komitmennya membangun olahraga Indonesia.” 

“Makanya, PP PCI mengucapkan selamat dan sukses atas karya-karyanya," kata Ketua Harian PP PCI, Abhiram S Yadav. 

"Kami dari PP FHI ikut mengucapkan selamat kepada Pak Menpora Amali yang menyandang gelar Profesor. Semoga ke depan olahraga kita lebih berprestasi," kata Sekjen PP FHI, Yasser Arafat Suaidy yang sukses membawa Tim Hoki Indoor Putri sebagai runner up pada Kejuaraan Hoki Indoor Piala Asia 2022 di Thailand. 

Selama berada di tangan Amali, prestasi olahraga Indonesia memang telah mengalami peningkatan. 

Tercatat pada Olimpiade 2022 Tokyo, kontingen Indonesia meraih 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Prestasi apik juga diukir kontingen Merah Putih dengan membawa 2 emas, 3 perak, 4 perunggu di Paralimpiade 2020 Tokyo. 

Pada ajang SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia dengan jumlah yan? lebih selektif yakni 499 atlet mampu menyodok ke peringkat ketiga setelah beberapa tahun absen di tiga besar.

Tercatat Indonesia finis dengan mengoleksi 69 emas, 92 perak dan 81 perunggu. Prestasi ini membanggakan mengingat di SEA Games 2019 Filipina, Indonesia dengan 753 atlet ada di peringkat keempat dengan 72 emas, 84 perak, 111 perunggu. 

BACA JUGA: Kasus Kematian Brigadir J Ditangani Bareskrim, IPW Tegas Bilang Begini, Singgung Kapolri

Terkini pada ASEAN Para Games 2022 Solo, kontingen Indonesìa mampu mempertahankan gelar juara dengan meraih medali lebih besar yakni, 175 emas, 144 perak, dan 106 perunggu.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler