Olahan Ikan Laut Bantu Meningkatkan Imunitas

Minggu, 28 Mei 2023 – 16:54 WIB
Masakan olahan ikan. Foto mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ikan laut kaya akan kandungan asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino (glutamat dan asam glutamin).

Sedangkan rempah–rempah kaya minyak atsiri yang banyak memiliki manfaat, di antaranya anti peradangan dan juga kaya antioksidan sinergis.

BACA JUGA: Terapkan Gaya Hidup Sehat dengan Kurangi MSG, Produk ini Bisa jadi Pilihan

Formula ikan kaya rempah yang diperkaya dengan cadangan Glutamat dan Glutamin dari MSG sangat tepat menjadi teman kuliner untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh. Formula ini terdiri dari kaldu ikan kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah.

Kaldu ikan dibuat dari daging ikan dan sedikit campuran tulang. Pertama, rendam semuanya di perasaan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.

BACA JUGA: MSG Terbukti Aman, UMKM Wajib Pastikan Takaran Sesuai Aturan

Lalu, cuci bersih kembali. Selanjutnya, sayur–sayuran khas kaldu seperti bawang bombay, wortel dan seledri diiris tipis–tipis beserta rempah utama yang terdiri dari jahe, sereh, kayumanis, kapulaga dan cengkeh.

Kemudian semuanya direbus dan dimasak di suhu di bawah 100 derajat celsius atau simmering selama 30 menit.

BACA JUGA: Teknologi AL Mendongkrak Peningkatan Pelayanan Bisnis  

Hal ini agar zat gizinya tidak hilang dan kandungan kolagen dari tulang terekstrak, sehingga memperkaya rasa dan nilai gizinya.

Nah, pekatan ikan dibuat dari dagingnya, tulang, dan bagian kepala yang bersih. Setelah itu, dihidrolisis dengan enzim bromelin dari nanas muda agar terpecah menjadi asam amino.

Kemudian pekatan ikan disaring dan ditambah garam yang bisa menjadi pengawet alami dan MSG sebagai tambahan sumber asam Glutamat dan Glutamin.

Pekatan ini dalam dunia pangan dikenal sebagai protein hidrolisat ikan dan menjadi bahan dasar pembuatan kecap asin, kecap manis, saus tiram, saus masak lainnya.

Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25% dari semua protein dalam makanan.

Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di hampir semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, seafood bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut.

“Glutamat dan Glutamin ibarat saudara karena dalam tubuh Glutamat langsung dapat diubah menjadi Glutamin dan asam amino lainnya yang dibutuhkan. Selain itu sebagai asam Glutamat jumlahnya dominan yaitu lebih dari 60 % dalam tubuh manusia dan juga di dalam otak manusia," ujar Endang S. Sunaryo, Pengamat Gizi dan Pangan.

Agar mudah dalam penyajiannya, ikan laut dalam bisa disiapkan menjadi kaldu dan pekatan ikan kaya rempah.

Kedua jenis produk ini mudah ditambahkan langsung dalam kuliner sup atau menu harian lainnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
ikan laut   ikan   imunitas   MSG   glutamin   glutamat  

Terpopuler