Optimalisasi Bisnis dengan Supply Chain Management QLola by BRI

Selasa, 30 Januari 2024 – 10:07 WIB
Manajemen rantai pasok atau supply chain management dalam sebuah bisnis adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan, dan penjadwalan arus produk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen rantai pasok atau supply chain management dalam sebuah bisnis adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan, dan penjadwalan arus produk, mulai dari produksi hingga distribusi kepada konsumen.

Karena itu, manajemen rantai pasok merupakan salah satu proses bisnis yang penting agar lebih efisien. Proses supply chain management juga memerlukan ketelitian tinggi.

BACA JUGA: QLola by BRI Hadirkan Solusi Pengajuan Bank Garansi, Bisa Pantau sampai Penerbitan

Pemilik bisnis pun memerlukan adanya fitur keuangan yang mampu mendukung operasi perusahaan agar proses supply chain ini bisa lebih efisien.

Demi mendukung para pebisnis dalam membantu proses supply chain ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun menyediakan fitur Supply Chain Management dalam platform terintegrasi QLola by BRI.

BACA JUGA: Berbisnis di Pasar Domestik & Global Makin Mudah dengan Trade Finance QLola by BRI

Mengenal Supply Chain Management QLola by BRI

Supply Chain Management merupakan salah satu fitur dalam platform QLola bya BRI yang berupa layanan berbasis invoicing untuk memenuhi kebutuhan supply chain serta tagihan secara online.

Fitur ini dirancang untuk membantu nasabah perusahaan dalam mengelola invoicing dalam seluruh proses rantai pasok agar lebih efisien. Dengan mengintegrasikan informasi keuangan dengan operasional, Supply Chain Management pada ekosistem QLola Cash Management memfasilitasi nasabah memantau dan mengelola supply chain perusahaan secara terpusat.

Tidak hanya itu, fitur Supply Chain Management dari QLola by BRI juga menyediakan layanan pembayaran dengan cepat dan terjadwal.

Berikut beberapa fitur utama yang tersedia pada QLola Supply Chain Management yang bisa membantu nasabah pebisnis dalam mengefisienkan bisnisnya.

1. Real-Time Inventory Tracking

Melalui fitur ini, nasabah dapat melakukan pemantauan invoice secara langsung, sehingga bisa mengurangi risiko kekurangan atau kesalahan data invoice.

Supplier Collaboration Platform
Melalui fitur ini, nasabah dapat berinteraksi dengan pemasok, berbagi informasi secara real-time, hingga mengelola pesanan bersama.

2. End-to-End Traceability

Melalui fitur ini, nasabah dapat melakukan pelacakan transaksi hingga sampai ke konsumen akhir. Fitur ini juga berguna untuk memastikan transparansi, keandalan, serta memperkuat integritas produk dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

3. Invoice and Payment Integration

Fitur ini mengintegrasikan data faktur dan pembayaran ke dalam sistem keuangan perusahaan sehingga bisa mempercepat proses pembayaran, mengurangi risiko keterlambatan pembayaran, serta meningkatkan pengelolaan kas.

3. Manfaat dan Keunggulan Supply Chain Management QLola by BRI

Fitur Supply Chain Management pada QLola by BRI ini memiliki peran penting dalam meningkatkan visibilitas, efisiensi, dan kecepatan operasional rantai pasok, serta memberikan dampak positif pada pengelolaan kas perusahaan. Selain itu, fitur ini juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa diperoleh nasabah dalam menjalankan bisnisnya antara lain sebagai berikut.

4. Optimalisasi Proses Supply Chain

Kehadiran fitur Supply Chain Management pada QLola Cash Management dapat mengoptimalkan proses supply chain perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan begitu, biaya operasional pun akan berkurang dan kecepatan layanan pun akan lebih meningkat.

5. Penurunan Biaya Operasional

Fitur Supply Chain Management juga bisa mengoptimalkan rantai pasok secara holistik sehingga dapat mengurangi biaya produksi dan distribusi, serta mengoptimalkan alokasi sumber daya.

6. Monitoring Cashflow Lebih Akurat

Fitur ini juga dapat memonitoring arus kas dengan lebih akurat melalui layanan Dashboard dan Report. Selain itu, fitur ini juga memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi partner dalam ekosistem bisnis.

Selain itu, fitur Supply Chain Management pada ekosistem QLola Cash Management ini juga memiliki keunggulan, terutama dalam hal metode pembayaran. Fitur ini menyediakan beberapa metode pembayaran antara lain sebagai berikut.

7. SCF Account Payable

Metode pembayaran ini merupakan metode diskonto pembayaran atas prestasi penyelesaian pekerjaan yang bersumber dari fasilitas Anchor (Buyer) yang didasarkan pada tagihan invoice.

8. SCF Account Receivable

Metode pembayaran yang satu ini merupakan metode diskonto invoice yang bersumber dari fasilitas Anchor (Seller) atas prestasi penyelesaian pekerjaan atau penjualan barang atau produk.

9. Vendor Financing

Metode pembayaran berikutnya yang tersedia adalah metode vendor financing. Metode ini merupakan metode diskonto pembayaran atas prestasi penyelesaian pekerjaan yang bersumber dari fasilitas modal kerja vendor atau supplier yang didasarkan pada tagihan invoice yang telah diakseptasi.

10. Distributor Financing

Metode pembayaran lainnya yang tersedia adalah Distributor Financing. Metode ini ini merupakan metode penagihan invoice yang dijamin oleh fasilitas modal kerja distributor atau pelanggan dan dedicated untuk pembayaran produk atau barang dari Anchor (Seller).

11. Combine Financing

Metode Combine Financing adalah metode diskonto invoice atas prestasi penyelesaian pekerjaan atau penjualan barang atau produk di mana waktu pengajuannya dapat dilakukan secara fleksibel sebelum invoice jatuh tempo.

Itulah penjelasan mengenai fitur Supply Chain Management pada QLola by BRI yang dapat mendukung pengelolaan bisnis Anda.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler