Orang-orang Ini Dulu Tak Percaya Covid-19 itu Ada, Sekarang Dirawat di ICU

Jumat, 16 Juli 2021 – 06:06 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di Magelang. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Magelang tetap siaga mengingat daerah itu merupakan salah satu daerah yang ditemukan kasus Covid-19 baru varian Delta.

Ganjar menekankan agar Pemkab Magelang menyiapkan skenario terburuk jika ada peningkatan.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Hasil PPKM Darurat di Luar Dugaan, IDI Ditantang, Kasus Covid-19 di Jakarta Mengenaskan

"Kondisi kedaruratan harus disiapkan, apakah menambah tempat tidur, antisipasi kelangkaan oksigen dengan membentuk satgas oksigen di rumah sakit, nakes dan lainnya," katanya.

Meski begitu, tindakan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat juga tak boleh dilupakan. Sebab, kata Ganjar, ternyata, masih ada warga yang tidak percaya Covid-19.

BACA JUGA: Ganjar Datang, Dua Polisi itu Kaget, Ada yang Lari Masuk ke Ruangan

"Tadi ada cerita dari dokter di ICU. Beberapa pasien yang masuk hari ini, tidak percaya covid tetapi buktinya mereka kena dan harus dirawat di ICU. Ditanya sekarang percaya tidak, mereka baru percaya dan ditanya rasanya bagaimana, mereka kompak jawab tidak enak," jelasnya.

Hal itulah yang, menurut Ganjar harus jadi perhatian. Sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan agar penanganan pandemi covid-19 bisa optimal.

BACA JUGA: Ada Wacana PPKM Darurat Diperpanjang, Begini Reaksi Pak Ganjar

Dia juga meminta agar dokter-dokter di RSUD Muntilan meminta pasien yang awalnya tidak percaya Covid kemudian sadar, untuk memberikan edukasi.

Para pasien itu diharapkan bisa membuat video testimoni untuk menceritakan kondisinya, kemudian disebarkan pesan tersebut pada masyarakat.

"Karena seberapapun menambah bed, menambah oksigen, nakes dan lainnya, itu tidak akan menyelesaikan pandemi. Yang harus dilakukan adalah penanganan di sektor hulu, yakni edukasi pada masyarakat. Kalau semua taat protokol kesehatan, 5 M dijalankan, maka itu bisa mengatasi," tuturnya.

Selain meninjau penanganan Covid-19 di RSUD Muntilan, Ganjar juga menyempatkan diri menengok program jogo tonggo yang dilaksanakan di Desa Girikulon Kecamatan Secang, Magelang.

Di tempat itu, Ganjar memeriksa program isolasi mandiri yang dilaksanakan di desanya, usai 23 warga di sana positif Covid-19.

Selain memastikan penanganan kesehatan, Ganjar juga memastikan pasokan makanan aman. Dia sempat mengecek dapur umum di desa itu dan memberikan bantuan sembako dari BPBD Jateng. (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler