Orang Tua Miliki Peran Penting Agar Anak Tidak Obesitas

Sabtu, 06 Agustus 2016 – 17:15 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - PARA ahli mengatakan, orang tua harus memainkan peran yang lebih besar dengan tetap mempromosikan makanan sehat di rumah.

"Ada perlu lebih banyak keterlibatan orang tua karena siswa hanya menghabiskan sekitar sepertiga dari waktu mereka di sekolah," kata asisten profesor nutrisi di Universitas Zayed, Dr. Dalia Haroun, seperti dilansir laman The National, Senin (1/8).

BACA JUGA: Ayo Bersepeda sembari Nikmati Panorama Danau Toba

Sebab, jika kebiasaan diet siswa tidak berubah di rumah, maka sekolah tidak bisa melakukan apa-apa.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Arab Journal of Nutrition and Exercise, Dr. Harun menemukan, sekitar sepertiga dari siswa sekolah umum di Dubai yang berusia 12-16 tahun, mengonsumsi minuman ringan setiap hari.

BACA JUGA: Mau Anak Cerdas dan Percaya Diri? Rajinlah Menyusui

Sementara 60 persen dari responden menonton TV selama dua jam atau lebih setiap hari.

Dari 1.022 siswa yang peneliti Universitas Zayed survei, di 17 sekolah pemerintah di Dubai, 37 persen dari responden mengatakan mereka berolahraga setiap hari.

BACA JUGA: Ainun Beri ASI Eksklusif untuk Ilham, Habibie: Saya yang Cuci Piring

"Ini adalah penyebab keprihatinan karena obesitas meningkat di UAE," kata Archana Baju, ahli gizi klinis di Rumah Sakit Burjeel.

Studi telah menunjukkan sekitar 40 persen dari orang-orang muda di negeri ini kelebihan berat badan.

Jumlah siswa yang kelebihan berat badan dan obesitas di UAE telah meningkat dua kali lipat antara 2005 dan 2010, UEA telah mengambil langkah-langkah menuju menghentikan atau membalikkan tren ini.

Pada tahun 2011, UAE melarang penjualan junk food dan minuman bersoda di kafetaria sekolah umum serta pembelian minuman energi oleh anak-anak yang berumur kurang dari 18 tahun.

UAE juga memperkenalkan pendidikan kesehatan dan advokasi di ruang kelas. Dr. Deepti Chaturvedi, spesialis pediatri, mengatakan orang tua harus lebih terdidik dan mengetahui tentang nutrisi dan aktivitas fisik.

"Ini lebih tentang mengetahui bagaimana membuat pilihan yang tepat dan menawarkan pilihan yang tepat untuk anak-anak. Semuanya dimulai dari rumah untuk anak-anak. Pendidik terbaik untuk anak-anak adalah orang tua mereka," pungkas Chaturvedi. (fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Datangi Sentosa Island di Singapura, Yuk Jajal Luge dan Megazip


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler