Ormas Pendukung SBY Seriusi UKM dan Koperasi

Senin, 16 Juli 2012 – 00:49 WIB

JAKARTA - Partai Demokrat (PD) terus berupaya meningkatkan kerja politik dengan menggaet berbagai kalangan. Dengan menggandeng organisasi Gerakan Aman, Adil dan Sejahtera untuk Indonesia (Garansi), partai pimpinan Anas Urbaningrum itu berupaya serius menggarap pelaku usaha kecil, menengah dan koperasi.

Rencananya, PD dan Garansi akan mendeklarasikan Gerakan Kewirausahaan Kelompok Strategis (GK2S) di Istora Senayan, Senin (16/7) ini. Ketua Garansi, Radityo Gambiro, menyatakan bahwa langkah tersebut merupakan upaya serius untuk memperkuat perekonomian rakyat dengan membangun sinergi dengan pemerintah. "Ini untuk mempercepat akselerasi peningkatan kesejahteraan rakyat," ucap Radityo dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (15/7).

Dipaparkannya, GK2S dideklarasikan bertepatan dengan puncak ulang tahun Garansi ke-8. Dalam acara itu, Ketua Umum PD Anas Urbaningrum dan Sekjen PD Edhie Baskoro Yudhoyono dijadwalkan hadir. Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan yang juga kader Demokrat, diundang untuk menyampaikan sambutan pemerintah.

Nantinya, Garansi akan membentuk Induk Koperasi Garansi (IKG). Melalui proram tersebut, Garansi akan membuat  1.000 unit koperasi yang dinamai 'Kios Garansi'

Menurut Radityo, sebenarnya upaya pembinaan kalangan pelaku UKM itu bukan hal baru bagi Garansi. Bahkan sudah bertahun-tahun Garansi membina pelaku UKM.

Radityo mengakui, Garansi memang jarang munncul di media. Namun organisasi yang ikut memenangkan SBY dalam dua kali Pilpres itu sudah berkarya hingga pedesaan dan masyarakat terpencil di perbatasan.

"Makanya nanti dalam acara GK2S akan diisi dengan testimoni tentang kisah sukses pelaku UKM yang kita bina. Ada dari pedagang, petani, nelayan, bahkan ada dari mahasiswa," ucap  Ketua Divisi Kaderisasi, Pendidikan dan Pelatihan PD itu.

Radityo yang lebih dikenal sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu mengharapkan deklarasi G2KS dapat mempercepat  pengentasan kemiskinan sekaligus mengurangi angka pengangguran. "Upaya kita ini sekaligus untuk  membangkitkan rasa percaya diri masyakat untuk mandiri. Sejak awal sudah ada kesepahaman pemikiran antara Demokrat dengan Garansi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ucap Wakil Ketua Fraksi PD di DPR itu.

Sekjen Garansi Didik Mukriyanto menambahkan, koperasi tetap menempati  posisi vital dan strategis untuk menopang eksistensi perekonomian nasional. "Koperasi mampu menyentuh, berkolaborasi, berinteraksi serta mampu menarik simpati dan memiliki daya dobrak terhadap kebuntuan pergerakan ekonomi di komunitas sosial masyarakat pada level yang paling dasar," ujar Didik.

Menurut politisi muda yang dipercaya sebagai Ketua Departemen Pengawasan Keuangan dan Pembangunan DPP Partai Demokrat itu, dengan mengenjot koperasi maka  pertumbuhan ekonomi tak hanya dinikmati kalangan menengah ke atas. "Secara faktual harus mampu menjangkau dan berpihak kepada struktur penguatan dan pertumbuhan ekonomi di level mikro," pungkasnya.(ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dicap Sarang Koruptor, Marzuki Malu Pakai Simbol DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler