Ortus Langsung Gandeng Perusahaan Tiongkok

Senin, 15 April 2013 – 21:47 WIB
JAKARTA - Ortus Infrastructure Capital Limited (Ortus) resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Jakarta Monorail (PTJM). Hal ini ditetapkan setelah Ortus membeli seluruh saham PTJM milik PT Adhi Karya Tbk.

"Dengan demikian saat ini Ortus adalah pemegang saham mayoritas PT Jakarta Monorail," kata Direktur PTJM, Bovanantoo di Jakarta, Senin (15/4).

Selain itu Ortus juga telah menyepakati pembayaran tiang-tiang monorel yang telah dibangun oleh PT Adhi Karya. Tiang-tiang yang tersebar di beberapa wilayah selatan Jakarta itu dihargai senilai Rp190 miliar.

Soal perkembangan proyek monorel, Bovanantoo memastikan bahwa Ortus telah sepakat untuk bekerja sama dengan perusahaan asal China Changchun Railway Vehicle Co, Ltd (CNR). CNR adalah produsen kereta monorel yang telah berpengalaman memproduksi rolling stock monorel di kota Chongqing, China.

Untuk tahap awal, CNR akan menghadirkan kereta contoh untuk keperluan sosialisasi proyek monorel. Kereta contoh itu akan dipamerkan pada rangkaian acara HUT Jakarta ke-486 di area Monas.

"Kami sedang mempersiapkan segala urusan yang terkait dengan perijinan Pemprov DKI. Pada minggu pertama bulan Juni 2013 diharapkan sudah tiba di Jakarta," ungkapnya.

Selanjutnya pada tahun 2016 nanti PT JM akan menyiapkan 4 rangkaian untuk Jalur Hijau dan 6 rangkaian untuk Jalur Biru. Sementara untuk memenuhi kebutuhan kereta di kedua jalur tersebut dibutuhkan sebanyak 200 unit kereta. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Buah jadi Rekan Separtai, Ahok: Itu Tandanya Cocok

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler