Osco Nilai Penjelasan Prabowo soal Alutsista Sudah Tepat, Anies yang Gagal Paham

Selasa, 09 Januari 2024 – 06:37 WIB
Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional Pemilih Pemula (TKN Fanta) Prabowo-Gibran, Osco Olfriady Letunggamu (dua dari kiri) menilai penampilan Prabowo Subianto dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 sudah cukup baik. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional Pemilih Pemula (TKN Fanta) Prabowo-Gibran, Osco Olfriady Letunggamu menilai penampilan Calon Presiden RI bernomor urut 2 di Pilpres 2024 Prabowo Subianto dalam debat ketiga capres sudah cukup baik.

Menurut Osco, penjelasan Prabowo mengenai urusan pertahanan sudah tepat.

BACA JUGA: Prabowo Sewot Ditanya soal Etika, Anies: Kalau Tidak Mampu Menjawab, Jangan Salahkan Penanya

"Sudah tepat. Banyak mengenai pertahanan dan alutsista yang mencerahkan publik," kata Osco dalam keterangannya yang diterima JPNN.com, Selasa (9/1).

Osco menyebutkan debat tersebut menjadi mengecewakan lantaran capres bernomor urut 1 Anies Baswedan sibuk menyerang pribadi Prabowo dan mengkritik hal yang tidak terkait dengan pertahanan dan keamanan Indonesia.

BACA JUGA: Saleh Menilai Anies Sengaja Ingin Menjatuhkan Prabowo di Debat Capres

"Seperti menyebut soal tanah Pak Prabowo, itu tentu tidak relevan. Retorikanya seperti sengaja menyudutkan," sebutnya.

Caleg DPRD DKI Jakarta di Pemilu 2024 dari Partai Demokrat Dapil Tanjung Priok, Penjaringan, dan Pademangan itu mengatakan wajar bila banyak pendukung Prabowo yang kecewa dengan pernyataan Anies.

BACA JUGA: Jokowi Bela Prabowo soal Data Pertahanan, Lalu Bilang Toko Kelontong

Terlebih, kata Osco, mengingat Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta salah satu promotornya adalah Prabowo.

"Ya, kalau banyak kader keberatan dengan cara Anies itu wajar," tegasnya.

Lebih lanjut Osco menyampaikan pernyataan Prabowo soal alutsista bekas ini bagus, karena tidak semua yang bekas itu jelek.

"Dalam dunia teknologi, mesin mempunyai umur produktivitasnya sehingga itu akan menjadi barometer harga dan umur kedaluwarsa pemakaiannya. Artinya, setelah kedaluwarsa bukan berarti langsung dibuang. Alat militer bukan makanan yang setelah tanggal kedaluwarsa tidak bisa di konsumsi," terangnya.

Dia juga menilai Prabowo sudah menjawab semua pertanyaan dengan sangat tepat, bahkan disampaikan bahwa semua partai pendukung paslon lain juga mendukung pembelian alutsista bekas.

Osco yang juga mantan Ketua Umum Perhimpunan Alumni Jerman menilai pembelian alutsista bekas adalah tepat, karena tidak perlu menunggu lama masa produksi.

Pengalamannya dalam bekerja di Industri Penerbangan Airbus GmbH di Jerman membuat Osco dapat menjelaskan bahwa proses purchase order teknologi baru sangat lama.

Tidak hanya teknologi tersebut, lanjut dia, bahkan user atau manusianya pun harus di-training dalam penggunaan dan perawatannya.

"Apalagi ini adalah alutsista, sangat sensitif dalam penggunaan dan perawatan," katanya.

"Jadi, pernyataan Pak Prabowo terkait hampir 50 persen alat-alat (alutsista) di manapun adalah bekas, tetapi usianya masih muda, itu sepenuhnya benar," tegas Osco menambahkan.

Osco juga menjelaskan usia produktif alusista itu sangat menentukan harga jual.

"Kalau kita berharap beli baru terus, kita harus menunggu berapa tahun sampai alutista tersebut datang. Lantas bagaimana prajurit kita, apakah harus menunggu? Jika perang terjadi seketika seperti di Ukraina- Rusia dan kita masih menunggu alutsista dikirim, bagaimana kita bisa siap dalam keadaan perang?," pungkas Osco. (mcr8/jpnn.com)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler