Pacu Hilirisasi, MIND ID Perbanyak Pembangunan Smelter

Jumat, 13 Januari 2023 – 12:11 WIB
Perusahaan di bawah grup MIND ID. Foto: dok Grup Mind ID

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian BUMN membentuk Holding Industri Pertambangan, MIND ID untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui hilirisasi.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso menjelaskan MIND ID memiliki tiga mandat dari pemerintah. Pertama, mengelola cadangan dan sumber daya strategis.

BACA JUGA: Peduli Lingkungan, Mind ID Group Raih Penghargaan dari KLHK

Dua, mengintegrasi hilirisasi. Tiga, memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral, ekspansi bisnis serta praktik tambang berkelanjutan.

Pengelolaan cadangan sumber daya strategis yang dilakukan MIND ID sebesar–besarnya untuk membentuk peradaban yang lebih baik dan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Lewat Cara ini Srikandi Ganjar Sulsel Ajak Anak Muda Lebih Produktif

“MIND ID memiliki Noble Purpose yang menjadi komitmen dalam menjalankan setiap aspek operasional pertambangan dan kunci kesinambungan bisnis, yaitu kami mengeksplorasi sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah,” ujar Hendi.

Hilirisasi saat ini menjadi tugas pokok yang wajib dikerjakan MIND ID, sebagai Holding Industri Pertambangan.

BACA JUGA: MIND ID Siap Jadi Kunci Hilirisasi Pertambangan

Selain mampu meningkatkan nilai perekonomian dan pendapatan dari berlipat gandanya nilai produk setengah jadi ataupun produk jadi, hilirisasi dan teknologi terapannya mampu meningkatkan nilai komponen TKDN, serta produk–produk buatan dalam negeri, hingga membawa masa depan Indonesia yang lebih baik dan maju.

MIND ID menjawab tantangan ini bersama dengan seluruh anggotanya, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk.

Masing–masing tidak hanya menjalankan praktik pertambangan saja, namun juga mendorong percepatan hilirisasi.

“MIND ID sebagai Holding Industri Pertambangan menjalin sinergi dan kolaborasi antar anggotanya serta mendorong apa yang dicita–citakan Presiden RI dengan mendorong Hilirisasi, guna meningkatkan nilai tambah komoditas produk tambang serta mampu memperkuat bisnis inti Perusahaan,” jelas Hendi.

Selain fokus pada operasional dan produk Hilirisasi, MIND ID juga menekankan pentingnya pengelolaan operasional tambang sesuai dengan prinsip Good Mining Practice dan mengedepankan praktik circular economy demi terciptanya keberlanjutan bisnis.

“MIND ID bersama dengan seluruh anggota berkomitmen untuk menghadirkan praktik pertambangan yang berkelanjutan. Mendorong praktik circular economy hingga ke seluruh rantai bisnis Perusahaan, serta menggunakan energi yang rendah emisi serta baru terbarukan demi kontribusi Grup MIND ID sebagai pelopor dekarbonisasi di Indonesia dan mendukung program Net Zero Emission,” seru Hendi.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler