Pak Ganjar Tetap Waspada Ada Lonjakan Mudik setelah Lebaran

Rabu, 19 Mei 2021 – 07:00 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengantisipasi adanya lonjakan wisatawan di tempat wisata selepas usainya larangan mudik pada Senin (17/5) lalu.

Selain itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan karena mulai Selasa (18/5) sudah tidak ada penahanan arus mudik, maka tidak menutup kemungkinan masih akan ada arus mudik.

BACA JUGA: Masih Ada Lebaran Ketupat, Pak Ganjar Minta Kepala Daerah Bersiaga

“Artinya, akan ada mudik setelah tanggal 17 Mei,” ucap Ganjar.

Hal itu menjadi catatan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai rapat penanganan Covid-19 di kompleks Kantor Gubernur Jateng, Selasa (18/5/2021).

BACA JUGA: Gubernur Ganjar Berkomitmen Penuh Melindungi Pekerja Migran

“Kami review (tinjau) tempat wisata yang kemungkinan Sabtu (22/5) -Minggu (23/5) besok masih akan ramai. Sudah kami minta untuk dicek semuanya, agar tidak hanya wahana air tapi juga wahana permainan agar sisi keselamatannya terjaga,” ungkap Ganjar.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmad mengatakan, sudah berkomunikasi dengan para pengelola objek wisata terutama desa wisata.

BACA JUGA: Waspada Penyebaran Covid-19 setelah Lebaran, Ganjar Pantau Warga Jateng 14 Hari

“Pengetatan itu menyangkut Standar Operational Procedure (SOP), termasuk di antaranya operator peralatan, kelaikan sarana dan prasarana, dan sarana penunjang keselamatan bagi pengunjung ( safety first),” kata dia.

Menurutnya, jika hal itu tidak dipenuhi, maka pihaknya secara tegas menyatakan tempat wisata akan ditutup. P

ihaknya juga memiliki pekerjaan rumah seperti di wahana permainan wisata air seperti waduk, dan sejenisnya yakni kurasi atau menerapkan verifikasi.

“Anda (pengelola objek wisata) sudah diverifikasi ? Anda layak operasi ? Kalau belum ada seperti itu, kami tidak bisa memberikan rekomendasi,” ujarnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler