Pak Rizal, Tolong Jangan Dahului Keputusan Istana soal Blok Masela

Selasa, 23 Februari 2016 – 22:11 WIB
Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PDIP, Nasyrul Falah Amru. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR yang membidangi pertambangan dan energi,  Nasyirul Falah Amru mengingatkan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli agar tidak mendahului keputusan Presiden Joko Widodo tentang pemanfaatan ladang gas di Blok Masela di Laut Arafura. Politikus PDI Perjuangan itu justru menyayangkan pernyataan Rizal yang menyebut pemerintah akan membangun kilang liquefied natural gas (LNG) dari Blok Masela di daratan.

Falah mengatakan, pernyataan Rizal itu justru membikin waswas karena sampai kini Jokowi -sapaan Joko Widodo- belum memutuskan apakah LNG hasil Blok Masela akan diolah di kilang di daratan (onshore) atau di lautan (offshore). “Seharusnya para pembantu Presiden jangan berpolemik, tak mendahului juga, itu bisa menggangu investasi," kata Falah di Jakartta, Selasa (23/2).

BACA JUGA: WOW! Salip Singapura, BCA Jadi Bank Terbesar di Asia Tenggara

Politikus yang juga tokoh mudah Nahdlatul Ulama (NU) itu justru menyebut Rizal tak punya etika sebagai pembantu presiden. Sebab, kata Falah, menteri yang memang dikenal ceplas-ceplos itu sudah membuat pernyataan yang mendahului keputusan Jokowi selaku presiden.

"Harusnya unggah-ungguhnya (tata krama, red) dipakai. Kalau menko mendahului kehendak presiden, unggah- ungguhnya tak dipakai. Presiden belum dawuh (memberi perintah, red) kok sudah komentar," ucap Falah.

BACA JUGA: Ini Risiko Jika Golkar Pilih Papa Novanto Jadi Ketum

Lebih lanjut Falah mengatakan, Rizal sebagai menko maritim dan sumber daya tidak punya kewenangan teknis soal Blok Masela. “Karena yang punya kewenangan menteri ESDM. Menko tak boleh komentar seperti itu," katanya.

Sebelumnya Rizal mengatakan bahwa pemerintah memutuskan pembangunan kilang LNG Blok Masela di daratan. Alasannya adalah demi efek perekonomian di wilayah Indonesia timur, sekaligus efisiensi.

BACA JUGA: Kader PDIP Berkopiah demi Gelorakan Kepemimpinan Berwatak ke Bawah

Namun, Istana Negara justru mementahkan pernyataan Rizal. Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi menyatakan Presiden Jokowi belum memutuskan pembangunan kilang LNG Blok Masela apakah dengan metode onshore atau offshore.(ara/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Menpan Desak Tindak Kada yang Seenaknya Rekrut Honorer


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler