Pakai Nama Wartabone, Anggota Dewan Diprotes

Kamis, 13 September 2012 – 06:17 WIB
PALU – Anggota DPRD Palu Muhammad Jarudin Wartabone kini tengah bermasalah dengan sesepuh keluarga besar Wartabone dari Gorontalo. Keluarga Wartabone dari Gorontolo saat tengah mempertanyakan asal nama Wartabone yang melekat di belakang nama Mohamad Jarudin.

Sesepuh keluarga besar Wartabone yang juga putra dari Pahlawan Nasional H Nani Wartabone, Dr (HC) Yos N Wartabone (70) mengatakan, pihaknya tidak menerima jika ada orang yang tanpa hak menggunakan nama Wartabone.
“Saya sudah mengirim surat kepada yang bersangkutan dan mempertanyakan Muhammad Jarudin Wartabone dari mana, keturunan mana dan anaknya siapa,” kata Yos.

Menurut Yos pihaknya perlu meminta penjelasan dari Mohammad Jarudin Wartabone mengenai masalah ini karena keluarga Wartabone itu cukup besar dan terus menjaga eksistensinya. “Makanya kami mengirim surat ke dia sebab semua orang dari keluarga Wartabone itu saling kenal. Hanyak Pak Muhammad J Wartabone yang kami tidak kenal,” kata Yos.

Yos yang juga mantan Anggota DPR RI Periode 1997-2000 ini mengatakan, yang mendorong dia menyurat ke Wartabone bermula saat ada informasi bahwa di Palu ada seseorang yang menggunakan nama Wartabone. “Surat saya dibahas oleh pak Muhammad dengan menelepon saya. Dia memanggil saya om dan mengatakan akan datang memberi penjelasan di Gorontalo,” kata Muhammad.

Yos ini mengatakan, dia masih memberi kesempatan kepada MJ Wartabone untuk datang memberikan penjelasan ke Gorontalo. “Dia harus datang memberikan penjelasan karena jangan sampai marga atau Fam Wartabone disalah gunakan oleh orang yang tidak berhak,” kata Yos lagi.

Jika Muhammd Wartabone tidak bisa menjelaskan soal asal-usul marganya. “Maka kami minta fam atau marga Wartabone itu harus dia tanggalkan. Jika tidak kami akan menggugatnya ke Pengadilan,” tandas Yos. Dikatakan Yos tidak kepentingan apapun dari keluarga besar Wartabone terkait masalah ini .
 
Dijelaskan Yos, Nani Wartabone mempunyai sembilan orang anak terdiri dari empat laki-laki dan lima orang perempuan. “Saya satu-satunya anak-anak laki-laki Nani Wartabone yang masih hidup,” katanya.

Di Palu kata dia ada saudara yang bermarga Wartabone. Namun katanya karena kerabatnya  perempuan maka anak-anaknya tidak menggunakan fam atau marga Wartabone itu.

Muhammad J Wartabone yang dihubungi via HP 0813544433xx pada Senin dan Selasa tidak membalas saat dikonfirmasi. Demikian saat ditelepon HP juga tidak diangkat meski ada nada sambung. Baru kemarin Wartabone mau menerima telepon.”Saya sudah tahu apa yang akan ditanya. Kalau saya no coment,” kata Wartabone.(zai)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Isyaratkan Kantor PU ESDM Sengaja Dibakar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler